Pengalaman dengan Baking Soda


Sumber Gambar: LifeHackery.com

Pasti siapa pun bakal kebingungan ketika ingin mulai mengganti bahan-bahan permbersih kimia-nya. Mulai dari mana? Itu pasti pertanyaan pertama. Apalagi bahan-bahan pembersih organic yang ada harganya relatif lebih mahal, dan belum tentu semua orang dapat membelinya (tapi kalau punya modalnya, ya silahkan…). Itu pun yang terjadi pada saya. Tapi lalu saya pun mendapat jawaban sederhananya: Mulailah dari sesuatu. Sesuatu apa? Ya, sesuatu apa pun. Pokoknya MULAI, walaupun masih sedikit dan sederhana.

Okay, jadi saya memutuskan untuk mulai menggunakan baking soda/soda kue (sodium bicarbonate) untuk aktivitas mencuci baju. Belum ke semua baju, tapi saya mulai dari mencuci baju bayi. Kepada yang kerja di rumah, saya titip beliau menggunakan baking soda untuk mencuci semua baju bayi. Tentu saja sebelumnya saya sudah mencobanya dan ternyata hasilnya malah lebih efektif daripada detergent yang kami gunakan di rumah.

Saya juga awalnya iseng coba cuci baju bayi di mesin cuci. Baju-baju dimasukkan ke dalam sekitar tiga puluh liter air (setengah tabung mesin) dengan sekitar setengah cup baking soda. Setelah membiarkannya berputar 15 menit dan di-spin, sama sekali tidak ada bau pipis atau bau tidak enak apa pun dari baju-baju itu. Selain tidak berbau (malah ada semacam wangi segar khas), baju-baju bayi itu juga lembut.

Saya jadi terpikirkan para ibu yang memiliki bayi yang hypersensitive pada detergent, dan bahan pelembut dan pemutih baju kimia, bisa mencuci baju bayinya dengan cara ini. Apakah bajunya tidak akan bau? Tidak, malah seperti yang saya bilang tadi, baunya segar :D.

Saya juga sudah lama tidak memakai pasta gigi. Tadinya ingin pakai siwak saja (siwak batangan asli, bukan yang udah jadi pasta), tapi karena belum beli, jadi saya membersihkan gigi dengan baking soda juga heheh… Pertama-tama letakkan bubuk baking soda secukupnya di tangan kiri, lalu jari telunjuk tangan kanan mengambil sedikit untuk digosok-gosok ke gigi. Setelah semua gigi digosok-gosok, tunggu beberapa detik, lalu terakhir sikat dengan sikat gigi.

Wah, apa gak bau mulutnya? Gak seger gitu…?  Mungkin ada yang bertanya seperti ini. Sebenarnya asalkan kita menjaga makanan kita, tidak menyantap (ato minimal mengurangi habis-habisan heheh) 4 P Kimia (pewarna, perasa, pewangi, pengawet) mulut kita tidak akan bau. Asalkan semua kotoran dalam mulut keluar, maka tidak akan bau. Adapun masalah ‘kesegaran’, sebenarnya itu adalah pengkondisian yang kita alami dari bertahun-tahun memakai produk pembersih gigi kimia (pasta dan mouthwash). Sebenarnya yang penting adalah BERSIH. But, harus saya akui, paling seger pakai siwak batangan, itu mah asli bikin mulut seger, malah lebih seger karena tidak ada efek kering yang sering ditimbulkan oleh pasta gigi/mouthwash (kerasa kan, pasta gigi dan mouthwash bikin mulut kering?). Saya cuma ingin menyampaikan, kalau tidak ada siwak batangan, untuk sementara, baking soda pun jadi 🙂 (postingan ini bukan untuk menceritakan tentang siwak).

Upayakan selalu sedia baking soda di WC, karena banyak kegunaannya. Selain untuk membersihkan gigi, kalau wajah lagi kusam, bisa cuci wajah dengan baking soda. Saya sudah coba dan baking soda bikin kulit wajah LEMBUUUUT (ini juga keuntungan lain cuci baju dengan baking soda, karena justru membuat kulit tangan halus, tidak seperti detergent yang justru merusak tangan). Selain itu, baking soda campur cuka bisa untuk membersihkan toilet dan keramik (baca caranya di sini).

Pernah waktu anak kedua saya yang masih bayi ruam popok, saya rendam pantatnya dalam sebaskom air hangat campur baking soda.

Apa gak boros pake baking soda? Kan jatohnya jadi lebih mahal…

Tidak, karena saya beli baking soda-nya perkilogram. Kalau pakai baking soda kemasan isi 81gr memang mahal (di daerah saya harganya 4000-4500 per botol), tapi kalau beli perkilogram, harganya jauh lebih murah (di pasar dekat rumah saya harganya Cuma Rp 6000/kg).

Di rumah saya punya buku bagus berjudul Hemat dan Praktis[1]. Saya sangat menganjurkan orang-orang membacanya, dan kalaupun tidak ada (soalnya buku lama, sih), cari buku yang sejenis. Isinya berbagai tips praktis mengerjakan berbagai pekerjaan rumah dengan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar rumah juga. Berikut ini saya kutip tips dari halaman 31:

“Bahan nilon putih tidak akan menjadi kuning kalau sebelum dicuci, derendam dahulu dalam air yang diberi bikarbonat soda [baking soda]”

Menarik bukan? Jadi penasaran ingin mencoba :D.

Selain itu, ada banyak lagi kegunaan baking soda yang belum saya coba :D, silahkan baca di sini: 75 Kegunaan Lain Baking Soda.


[1] Nicole Parton, Hemat dan Praktis: Petunjuk untuk Melakukan Pekerjaan yang Praktis Tanpa Biaya yang Berarti, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 1987.

—————————————————————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

LRB Shop

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Baking Soda, Kebersihan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to Pengalaman dengan Baking Soda

  1. Anonymous says:

    Beli Baking Soda atau nama lainnya (Soda Kue/ Sodium Bicarbonate/ Natrium Bicarbonarte) yang paling murah bukan di toko kue tapi di:
    1. Toko Kimia
    2. Toko Grosir atau,
    3. Pabrik
    Tidak ada tempat lain yg paling murah. Thx.

    • lrbersih says:

      Iya. Saya dapet di toko bahan kue grosir pasar tradisional dengan harga Rp 6500/kg (ini juga sempet naik beberapa kali, awalnya Rp 5500) :). Di Bandung saya dapet laporan seorang cerita masih dapet dengan harga Rp 5500 :).

  2. Anonymous says:

    Dijual grosir soda kue atau sodium bicarbonate dengan harga murah 6500/kg..Jika berminat bisa hub 7F8C872D

  3. unios90 says:

    NB : soda kue 6500/kg untuk pembelian minimal 1 ton,7000/kg untuk pembelian minimal 500 kg,7200 untuk pembelian minimal 250 kg

  4. Anonymous says:

    It’s awesome… start to use it!

  5. Siti Marwati says:

    makasih info nya 🙂

  6. Anonymous says:

    kalau beli 500 gram berapa ya?

  7. wrp says:

    baking soda jika dilarutkan dalam air,dielektrolisasi berubah jadi gas hidrogen.bisa dimanfaatkan untuk penghemat bbm atau kompor gas hidrogen.

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s