Dukungan untuk Menggunakan Pembalut dan Popok Cuci Ulang


Seorang teman sms seperti ini. Terimakasih :D. Ada lagi yang mau menyampaikan dukungannya?

…berawal dari munculnya fikiran bahwa sampah-sampah dari pembalut yang kita gunakan kayaknya berkontribusi menyumbang sampah yang sulit didaur ulang dan juga ternyata pembalut sekali pakai selain nggak ramah lingkungan, juga berdampak kurang baik untuk kesehatan, bahkan menurut informasi merupakan salah satu yang berkontribusi memicu kanker servix. Saat itu terpikir untuk menggunakan pembalut kain yang dapat dicuci (menstrual pads).

Ternyata Allah Maha Mendengar dan maha Baik, ketika Sf lagi searching mencari jas hujan akhwat, eh Sf jadi tahu ternyata sekarang menstrual pads sudah ada dengan berbagai desain yang disesuaikan seperti pembalut dan enggak kalah gaya bahkan ada produk dari kain dengan berbagai motif yang gerlie banget. Terus klo dilipat tidak terlihat seperti pembalut tapi mirip dompet uang koin, jadi kalau dibawa dalam tas enggak akan malu coz enggak kelihatan bahwa itu pembalut.

Menstrual pads ini ramah lingkungan, terus dari segi kesehatan jauh lebih bagus dari pembalut sekali pakai. Selain itu, walaupun ketika pertama beli kesannya jauh lebih mahal ternyata sebenarnya lebih ekonomis karena menstrual pads ini masa pakainya bisa hingga 3-5 tahun. Terus ketika Sf share ada yang ngetawain dan ada yang komen jijik dan susah ketika mencucinya? Loh, ko bukannya kalo pembalut sekali pakai juga kan sebelum dibuang biasanya dicuci bersih dulu, malah lebih ribet soalnya kadang kala ketika kita mencucinya ada bagian yang kadang rusak/hancur apa tidak lebih jijik?

Yu… kita beralih menggunakan menstrual pads, klo bisa bayi-bayinya juga pakai clodi sebaiknya, bukan pakai diapers instant… Yu kita belajar dari hal-hal kecil, mulai dari diri sendiri dan keluarga untuk ikut care berkontribusi melestarikan lingkungan karena sebagaian besar kerusakan di muka bumi ini Allah firmankan bahwa semua itu akibat ulah tangan manusia, selain itu kita juga belajar untuk memenuhi hak jasadiah dengan menjaga kesehatannya sebagai anugerah-Nya agar dapat beribadah dengan baik.

[Terimakasih Sf atas share-nya :D]

Update:

Ternyata ada Komunitas Popok Kain 😀

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Dukungan, Popok Kain and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Dukungan untuk Menggunakan Pembalut dan Popok Cuci Ulang

  1. Pingback: Selintas-selintas Pengalaman Go Organic | Limbah Rumah Bersih

  2. dahlia says:

    dukungan bahkan kampanye menggunakan pembalut da popok cuci ulang harus digencarkan backto nature

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s