Alternatif untuk Tidak Menggunakan Apa-apa


Seperti yang kita ketahui, terdapat berbagai bahan dalam produk perawatan tubuh kimia yang dapat berbahaya bagi tubuh. Kita berada dalam sebuah dilema panjang; di satu sisi berbahaya, tapi di sisi lain seperti tidak memiliki alternatif lain.

Ini mungkin terdengar aneh, tapi aku pribadi ketika belum menemukan alternatif, tidak menggunakan apa-apa bisa menjadi sebuah pilihan. Contohnya, aku sudah lama tidak sikat gigi dengan pasta gigi. Ini adalah sesuatu yang jarang aku ceritakan pada orang, karena banyak orang yang tidak paham dan langsung berfikiran negatif karena tidak memahami latar belakang dari pilihanku tersebut.

Tidak menggunakan pasta gigi bukan berarti tidak menyikat gigi. Ternyata menyikat gigi saja sudah cukup untuk membersihkan gigi dari plak, dan aku terbebas dari efek samping pasta gigi kimia seperti mulut kering, terbunuhnya bakteri baik dalam mulut (untuk membantu pencernaan), dan banyak lain (baca: Bahan Beracun dalam Pasta Gigi). Aku juga tidak memiliki bau mulut, karena telah menjaga agar tidak (/mengurangi) makan/minum sembarangan. Adapun kosmetik untungnya aku memang tidak memakai, bahkan untuk sekedar lotion penghalus kulit (baca: Daftar Bahan Berbahaya Pada Kosmetik dan Produk Perawatan Tubuh).

Pendekatanku ini mungkin ada yang menganggap ekstrem, tapi aku melihat itu sebagai sebuah alternatif yang out of the box dan rasional. Semua produk-produk perawatan pribadi tersebut memiliki bahan kimia dengan berbagai efek samping jangka panjang, yang malah dapat mempercepat apa yang justru ingin kita hindari. Misalnya bahan pasta gigi yang justru merusak gigi, lotion yang membuat kulit kering, dsb. Sehingga, ketika alternative perawatan alami belum aku ketahui, berhenti menggunakan produk yang ada adalah awal yang baik.

Tidakkah Anda merasa kadang (atau mungkin sering?) pusing-pusing? Lalu tanpa banyak berfikir, Anda langsung meminum pil pereda nyeri? Pusing-pusing bukanlah penyakit, namun adalah sebuah alarm. Bayangkan jika sebuah alarm tanda tsunami tiba-tiba nyala, lalu si petugas yang sedang tertidur merasa terganggu lalu segera mematikan alarm itu, tapi tidak berbuat apa-apa, apa yang akan terjadi? Nah, produk-produk kimia itu sedikit demi sedikit menyebabkan ketidak seimbangan dalam tubuh sehingga secara berkala muncullah hal-hal ‘kecil’ yang mengganggu (alarm), misalnya pusing-pusing, jerawat, ketombe, rambut rontok, gigi berlubang, dsb. Lama-lama dengan semakin terganggunya imunitas tubuh kita maka kita akan lebih rentan dengan penyakit yang semakin besar.

Produk perawatan tubuh hanya sedikit di antara berbagai penyebab keracunan tubuh, namun hanya dengan menghentikannya saja kita akan sedikit merasa baikan. Itu adalah pengalamanku dan pengalaman banyak orang.

Tentu saja kondisi ini tidak berlangsung lama, karena aku terpacu untuk mencari tahu dari berbagai sumber mengenai berbagai alternatif bahan alami yang ada. Misalnya aku mencoba membersihkan gigi dengan siwak batangan yang membersihkan gigi dan menyegarkan mulut, membeli produk perawatan tubuh dari produsen yang menjual produk-produk organic, dsb.

——————-

Silahkan Baca Juga:

Kosmetik Berbahan Dasar Petrolium dan Produk-produk Perawatan Kulit Ditemukan Mengandung Bahan Kimia Pemicu Kanker 1,4-dioxane

Menderita Brain Fog? Studi Mengungkap Penyebab-penyebab Utamanya

Five Natural Ways to Cure Bad Breath Through Diet

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Gigi dan Mulut, Kebersihan, Kosmetik dan Perawatan Pribadi, Perenungan, Toxin and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s