Bahan-bahan Pasta Gigi yang Tidak Akan Doktor Gigi Peringatkan Pada Anda


(NaturalNews) Salah satu cara tercepat untuk menyerap apapun ke dalam tubuh adalah melalui mulut. Ini mengapa beberapa jenis obat seperti obat jantung nitroglycerin dan beberapa obat pereda rasa sakit disimpan di bawah lidah. Karena ini, Anda harus waspada bahan-bahan yang berpotensi beracun di dalam pasta gigi dan mouthwash dapat terserap ke dalam tubuh Anda.

Sayangnya, dokter gigi Anda mungkin berfikir ia tahu apa yang bisa direkomendasikan untuk Anda, tapi peluangnya seringkali tidak.

Berikut ini adalah daftar beberapa bahan berpotensi racun dalam produk perawatan gigi dan perawatan pribadi dan alasan-alasannya yang mungkin dokter gigi Anda tidak sadari.

  1. Florida (fluoride) – Peringatan FDA pada pasta gigi/mouthwash yang mengandung florida sebagai berikut: “PERINGATAN, jauhkan dari anak-anak di bawah 6 tahun. Jika tertelan lebih banyak daripada yang biasa dipakai untuk menyikat, segera hubungi dokter Anda atau Pusat Pengendali Racun.”

Pasta gigi anak-anak seringkali memiliki rasa seperti permen atau permen karet yang dapat menarik anak-anak untuk menelannya. Ini akan menjadi masalah karena dalam peringatan tersebut tertulis bahwa florida yang tertelan bahkan dalam jumlah kecil dapat menyebabkan resiko kesehatan yang serius.

Dosis beracun pasta gigi berflorida dapat menyebabkan kematian. Misalnya, kematian dapat terjadi jika seorang anak berusia 2 tahun menelan 42% isi kemasan pasta gigi berflorida, seorang anak 4 tahun menelan 56% isi kemasan pasta gigi berflorida, atau seorang anak 6 tahun menelan 70% isi kemasan pasta gigi berflorida.

  1. Triclosan – Agen Antibiotik/Antimicrobial ini digunakan dalam banyak produk-produk termasuk sabun pembersih piring, sabun cuci tangan, deodorant, pasta gigi, dan mouthwash. Pada bulan Agustus 2009 Asosiasi Medis Kanada meminta Canada Health untuk melarang penggunaan triclosan dalam produk-produk perawatan pribadi dikarenakan menyebabkan bakteri menjadi kebal (bacterial resistance). Pada 2006 dan 2009, studi menunjukkan paparan triclosan berdampak besar pada konsentrasi hormone tiroid. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan seringnya penggunaan antibiotic dapat mengarahkan pada pertumbuhan bakteri yang kebal terhadap antibiotic. Kita semua sudah tahu mengenai kebangkitan ‘superbugs’ yang kebal terhadap sebagian besar antibiotic dan telah menyebabkan kematian.
  2. Sodium Lauryl Sulfate—menggunakan pasta gigi tanpa sodium lauryl sulfate (SLS) dapat mengurangi frekuensi nyeri sariawan (aphthous ulcers). Peneliti berspekulasi bahwa SLS mengeringkan cairan tipis pelindung (protective mucous lining) di dalam mulut… menyebabkan mulut rentan terhadap berbagai iritasi yang mengarahkan pada nyeri sariawan. SLS adalah detergent yang hampir selalu ada di semua pasta gigi, sabun pencuci piring, dan berbagai sabun perawatan pribadi.
  3. Abrasives—Sensitifitas gigi disebabkan oleh banyak factor. Sebuah istilah yang digunakan untuk beberapa tipe sensitifitas gigi dikenal sebagai ‘abfraksi’ (abfractions) dan dapat disebabkan oleh pasta gigi yang bersifat abrasif (kasar). Beberapa pasta gigi termasuk pasta pemutih gigi dan merek pengendali tartar dapat memiliki bahan-bahan abrasif yang lebih banyak. Sebuah tes yang ada, tapi tidak digunakan oleh kebanyakan merek disebut rating RDA. Ini menentukan tingkat abrasifitas pasta gigi terhadap dentin, bagian tengah gigi. Kecuali RDA (Relative Dentin Abrasivity) sebuah merek diketahui, konsumen atau dokter gigi tidak tahu apakah sampai tingkat tertentu abrasi gigi terjadi oleh pasta gigi yang digunakan.
  4. Pemanis buatan (Artificial sweeteners)—FDA telah memfasilitasi selama bertahun-tahun keamanan berbagai pemanis buatan seperti saccharin. Canada Health masih belum menyatakan saccharin sebagai aman.
  5. Bahan-bahan dari tanaman (Botanical Ingredients)—Obat-obatan berasal dari tanaman, dan banyak tanaman termasuk minyak pohon teh (tea tree oil) yang popular memiliki efek samping dan interaksi obat. Website NIH beserta MedlinePlus memiliki sumber bagus untuk mengecek bahan-bahan herbal untuk indikasi-indikasi salah vs benar dan efek samping yang berpotensi bahaya; Anda dapat mencari mana saja yang ibu hamil dan anak-anak perlu hindari: http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/druginformation.html

Sumber:

  • “Secret Gateway to Health” Penulis: Flora Stay, D. D. S. (Morgan James Publishing Group)
  • Environmental Working Group www.ewg.org
  • Skin Deep database www.cosmeticdatabase.com

Tentang penulis:

Dr. Flora Stay adalah pendiri Cleure (gabungan dari Clean & Pure)(www.cleure.com), perusahaan terpercaya untuk produk-produk kosmetik dan perawatan pribadi yang aman. Telepon atau kunjungi websitenya sekarang untuk sebuah e-book gratis “Product Labels: a Cautionary Tale” dan sampel-sampel gratis emu oil di www.cleure.com 888-8834276

————————————-

Diterjemahkan dari: http://www.naturalnews.com/027786_toothpaste_dentist.html

————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

LRB Shop

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Gigi dan Mulut, Kuman, Terjemahan and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Bahan-bahan Pasta Gigi yang Tidak Akan Doktor Gigi Peringatkan Pada Anda

  1. Pingback: Alternatif untuk Tidak Menggunakan Apa-apa | Punya Hanna Wilbur

  2. Pingback: Alternatif untuk Tidak Menggunakan Apa-apa | Limbah Rumah Bersih

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s