20 Alasan untuk Selalu Sedia Baking Soda


Image

Tidak hanya untuk membuat kue.

oleh Jason Wiskerchen

Selasa, 2 Oktober 2012, 9:09 PM

Soda kue, alias sodium bikarbonat [baking soda, sodium bicarbonate], adalah di antara yang harus banyak dimiliki setiap rumah. Sediakanlah untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk saat-saat ketika bahan satu ini tidak bisa digantikan. Seperti cuka, soda kue memiliki ratusan kegunaan, termasuk menjaga rumah Anda bersih, mengkilap, dan yang paling penting, bebas toxin.

Dari Wikipedia [Wkp berbahasa Indonesia, diakses  9 Februari 2013—penj]:

Natrium bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama.

Senyawa ini disebut juga baking soda (soda kue), Sodium bikarbonat, natrium hidrogen karbonat, dan lain-lain. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air. Senyawa ini digunakan dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti “mengembang”.

Senyawa ini juga digunakan sebagai obat antasid (penyakit maag atau tukak lambung). Karena bersifat alkaloid (basa), senyawa ini juga digunakan sebagai obat penetral asam bagi penderita asidosis tubulus renalis (ATR) atau rhenal tubular acidosis (RTA).

NaHCO3 umumnya diproduksi melalui proses Solvay, yang memerlukan reaksi natrium klorida, amonia, dan karbon dioksida dalam air. NaHCO3 diproduksi sebanyak 100 000 ton/tahun (2001).[1]

Soda kue juga diproduksi secara komesial dari soda abu (diperoleh melalui penambangan bijih trona, yang dilarutkan dalam air lalu direaksikan dengan karbon dioksida. Lalu NaHCO3 mengendap sesuai persamaan berikut

Na2CO3 + CO2 + H2O → 2 NaHCO3

—–

Daftar berikut ini sama sekali tidak lengkap, tapi dapat membuat Anda mengerti mengapa saya membeli soda kue secara grosir dan mengapa saya rekomendasikan semua untuk menyimpannya dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Di Kamar Mandi/WC

Melegakan Sakit Perut (Soothe an Upset Stomach)

Campurkan satu sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat untuk melawan mulas, kelebihan asam lambung, dan masalah lambung lainnya. Soda kue bersifat basa, dan dapat membantu menetralisir asam yang menyebabkan permasalahan pencernaan dan ketidaknyamanan. Catatan: Selalu cari dukungan medis professional jika Anda memiliki permasalahan serius atau kondisi Anda memburuk.

Mandi/Merendam Kaki

Campurkan sedikit soda kue ke dalam air mandi untuk melembutkan kulit. Tambahkan beberapa tetes essential oil kesukaan Anda untuk menambah efek relaksasi. Untuk kaki, lakukan hal yang sama pada baskom atau ember dan rendam kaki Anda sambil membaca katalog biji-bijian terbaru. Atau masukan soda kue ke dalam seluruh air mandi Anda untuk melembutkan seluruh kulit tubuh.

Alternatif Pasta Gigi

Tambahkan sedikit soda kue pada sikat gigi Anda untuk digunakan sebagai pasta gigi dan gosoklah gigi dengan lembut. Ini juga akan memberikan mulut Anda rasa segar. Setetes minyak mint juga dapat ditambahkan untuk memberikan rasa mint.

Meredakan Gigitan Serangga atau Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Pasta soda kue dan air adalah obat cepat untuk melegakan sengatan lebah. Pastikan sengatannya dicabut dahulu dari kulit, kalau ada. Pasta soda kue juga dalam melegakan gigitan serangga dan kulit yang tersengat matahari.

Deodoran

Tambahkan soda kue dengan powder puff pada ketiak sebagai deodorant yang efektif.

Di Dapur dan Sekitar Rumah

Serbuk Penyikat Panci

Untuk makanan yang berminyak dan lengket, Anda bisa gunakan soda kue sebagai penyikat panci. Ia juga bisa membantu mengkilapkan besi stainless (stainless steel) dan membantu menyingkirkan bekas minyak dan kotoran dari panci. Saya sangat suka menggunakan soda kue untuk membersihkan peralatan dapurku karena aku tahu dengan pasti apa yang menyentuh makananku. Untuk menyingkirkan bekas makanan yang gosong, rebus air dan satu sendok makan soda kue di dalam panci, biarkan mendingin, lalu ambil sebanyak mungkin kotoran itu sebelum menyikat sisanya dengan soda kue lagi.

Scrub untuk Porselen, Enamel, dan Permukaan Keras Lainnya

Sama dengan panci, soda kue dapat menjadi pembersih permukaan yang hebat untuk counter, lantai keramik, wastafel, dan kompor. Taburkan soda kue pada spons lembab atau lap lalu bersihkan permukaan kotor. Bersihkan lalu semprot dengan cuka untuk tambahan aksi pembersih. Ia juga scrub lembut yang bagus untuk WC, shower, dan bath tub. Taburkan pada permukaan yang kering, bersihkan dengan air ketika selesai digosok.

Pembersih Sayuran/Buah

Isi wasteful [atau baskom] dengan air dan masukkan beberapa sendok soda kue. Rendam sayuran [dan/atau buah] di dalamnya untuk menyingkirkan pestisida dan bahan kimia. Anda juga bisa menggunakan soda kue sebagai scrub dengan spons bersih (spons khusus sayuran).

Pengusir Kecoa

Campurkan dengan takaran sama ( 1:1 ) gula serpih (granulated sugar) dan soda kue dan letakkan di daerah yang sering dilewati kecoa. Kecoa akan tertarik pada campuran tersebut, memakannya, lalu karena soda kue, akan mati kehausan. Saya tidak menyukai kecoa, tapi saya juga tidak ingin keluarga saya kontak dengan racun kimia. Ini adalah solusi baik untuk kedua masalah tersebut.

Perawatan Septic Tank

Menambahkan satu cup (250 ml) soda kue setiap minggu dapat menjaga kadar pH di septic tank dan dapat membantu melancarkan pipa-pipa rumah. Jika Anda sering menggunakan soda kue untuk membersihkan panci, dsb, Anda mungkin tidak perlu melakukan hal ini seminggu sekali.

Menetralisir Bau Kulkas

Letakkan satu kotak kecil soda kue di bagian belakang kulkas (atau freezer) untuk menetralisir bau tidak sedap.

Mematikan Api

Soda kue dapat digunakan untuk mematikan api kecil. Walaupun ia bukan pengganti alat pemati api, tapi setoples soda kue di samping kompor dapat digunakan untuk mematikan api kecil dan memberi Anda waktu untuk mengambil alat pemati api jika diperlukan. Jika api kecil mulai menyala di panci, atau di dalam oven, lemparkan soda kue secukupnya pada sumber api. Keuntungan lain menyimpan soda kue di toples terbuka adalah ia dapat menetralisir bau tidak sedap di dapur.

Menetralisir  Bau Sampah, Tempat Daur Ulang, atau Kompos

Taburkan soda kue di dasar tempat sampah, tempat daur ulang, atau tempat kompos untuk menetralisir bau, atau taburkan di atas sampah. Ini juga dapat membantu menetralisir bau di box kotoran (kitty litter box) kucing peliharaan.

Pembersih Saluran Air

Untuk membuka saluran air yang setengah tersumbat, masukkan setengah cup (sekitar 125 ml) soda kue kering, tambahkan cuka, lalu tutup saluran air dengan karet (ingat untuk tutup kedua lubang jika terdapat dua wastafel yang berdampingan). Campuran tersebut menghasilkan buih-buih seperti eksperimen gunung merapi dan akan memaksa kotoran untuk turun ke bawah. Kemudian tuangkan seteko air panas untuk ‘mengejar’ campuran soda kue dan cuka, membunuh kuman, dan menguraikan kotoran sulit yang menempel di pipa. Ulangi bila perlu.

Mencuci Pakaian

Anda bisa gunakan soda kue untuk membuat baju lebih putih dan bersih. Tambahkan setengah cup untuk setiap satu load cucian. Untuk popok kain atau kain lap badan, tambahkan ½ cup soda kue dalam air rendaman untuk menetralisir bau dan menetralisir asam dari air kencing.

Kebun dan Garasi

Membersihkan Tumpahan Minyak

Gunakan soda kue untuk menyerap tumpahan minyak pada lantai garasi atau jalur semen di halaman rumah. Ia akan memudahkan minyak tersebut untuk disikat.

Membersihkan Baterai Mobil

Netralisis asam baterai pada terminal baterai Anda dengan membuat pasta 3 bagian soda kue dan satu bagian air. Cabut baterai dan gunakan lap lembab untuk membersihkan korosi dari terminal baterai. Gunakan sarung tangan untuk melindungi diri Anda dari bersentuhan dengan asam korosi.

Membersihkan Mobil (Atau Kendaraan Lain)

Seperti membersihkan permukaan di dapur, soda kue dapat juga digunakan untuk membersihkan lampu luar, chrome, ban, jendela, dan bagian-bagian lain tanpa khawatir goresandan noda. Campurkan ¼ cup (63 ml) soda kue dalam 1 liter air hangat. Gunakan spons atau kain lembut untuk menyingkirkan kotoran jalanan, getah pohon, serangga, debu, kotoran burung, dan aspal.

Peralatan Tes Keasaaman Tanah Sederhana

Sebelum menanam tanaman pencinta-asam, Anda dapat memeriksa apakah tanah Anda lebih asam dari pada basa dengan mencampur soda kue dan air (1/4 dan 2 cup), lalu tambahkan pada 1 cup tanah yang ingin diuji coba. Jika menghasilkan buih, maka Anda tahu bahwa tanah tersebut bersifat asam. Tentu saja percobaan ini tidak akan memberitahu Anda tingkat pH yang jelas, tapi setidaknya akan membantu mengetahui sifat tanah dan apakah Anda perlu menambahkan beberapa hal lain pada area tanam Anda.

Pengusir Semut

Taburkan soda kue pada jalur semut dan itu akan mencegah mereka mengganggu Anda untuk beberapa waktu—setidaknya sampai mereka mencari jalur lain atau membangun jembatan semut menuju serpihan makanan pada counter dapur.

Seperti yang bisa Anda lihat, soda kue dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan sekitar rumah. Sifatnya yang tidak beracun (non-toxic) menenangkan dan saya merasa nyaman menggunakannya di mana saja. Harganya juga sangat murah untuk disimpan dalam jumlah banyak. Bagikan ide dan penggunaan soda kue Anda pada box komen di bawah, dan beli satu kotak lagi soda kue pada saat Anda berbelanja nanti. Anda pasti akan menemukan cara untuk menggunakannya. Jika Anda butuh lebih banyak bantuan, ini ada sebuah buku: Baking Soda: Over 500 Fabulous, Fun, and Frugal Uses You’ve Probably Never Thought Of.

Diterjemahkan dari: http://www.peakprosperity.com/wsidblog/79793/20-reasons-keep-baking-soda-hand

Catatan Tambahan dari LRB:

  1. Ternyata soda kue dapat juga membantu melegakan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Soda kue yang bersifat basa tidak disukai oleh bakteri. Minum air yang sudah dicampur dengan satu sendok soda kue beberapa kali sehari begitu terkena ISK ringan. (Sumber).
  2. Untuk tips pembersihan lainnya baca Pengalaman dengan Baking Soda dan Organic Cleaning.

—————————————————————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

LRB Shop

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

—————————————————————————————-

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Baking Soda, Gigi dan Mulut, Kebersihan, Keramik, Kosmetik dan Perawatan Pribadi, Terjemahan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

34 Responses to 20 Alasan untuk Selalu Sedia Baking Soda

  1. diahdwiarti says:

    mbak, kl utk yg septic tank itu apa maksudnya bisa mengatasi wc yg penuh? ketika ditabur bereaksi ga ya? maksud sy jd timbul gelenbung atau apa bgitu? makasih.

    • lrbersih says:

      Kalo septic tank penuh ya harus disedot. Ini maksudnya supaya pipa-pipa gak bau, dan septic tank agar tidak terlalu asam. Kalau septic tank kadar pH-nya pas, kotoran bisa terurai dengan lebih mudah, jadi tidak perlu terlalu sering sedot septik tank.

  2. Reblogged this on Punya Hanna Wilbur and commented:
    Untuk tips yang lebih lengkap, bisa langsung pesen bukunya ke aku, ya ^_^.

  3. salsabilunazaneta says:

    selain manfaat baking soda untuk peralatan rumah tangga,bisa jg untuk menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit..tapi pakenya jgn sering2.

  4. Yoer says:

    Kaca mobil jadi lebih bening Kegunaan soda kue

  5. nice info gan…. sangat bermanfaat
    salam hormat dari Tas Kurir Motor Delivery – 087.88.6666.003

  6. alya says:

    Apa bisa jg utk bersihin sepatu kets putih? Saya baca di artikel lain katanya bisa baking soda dcampur deterjen. Apa bener2 bisa bikin spatu yg udh kumel jd putih sperti baru?? Atau ada tips lain? Trims sbelumnya

  7. Sri says:

    apakah baking soda n soda kue sama? setau sy kalo baking powder n gak sama ama soda kue jd bingung deh……..

  8. Anonymous says:

    malam mau tanya.saya pake baking soda di ketiak.kok ketiaknya jadi hitam ya,bahaya ga ya..

    • lrbersih says:

      Oh ya? Wah, saya dan teman-teman lain yang menggunakan baking soda sebagai deodoran alami belum pernah dapet pengalaman begitu.
      Gimana kondisi ketiaknya sekarang?

  9. noname says:

    mau tanya apakah baking soda bisa di kristalkan bukan dalam bentuk serbuk

  10. Yanti Su says:

    Apa benar baking soda bisa sembuhkan kangker,,??

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s