10 Cara Menggunakan Cuka di Sekitar Rumah


Sumber Gambar: sarikartika99.wordpress.com

Sabtu, 22 Januari 2011, oleh Elizabeth Walling

(Natural News) Cuka telah digunakan untuk berbagai resep dapur selama beratus-ratus tahun, tapi ia tidak hanya bagus untuk dimasak. Cuka adalah disinfektan alami, pembersih, dan juga suplemen kesahatan. Berikut ini sepuluh cara baru menggunakan cuka di sekitar rumah:

  1. Cuka membuat gelas mengkilap. Air campur cuka putih adalah pembersih kaca jendela yang menakjubkan. Ia bahkan menyingkirkan jamur yang menumpuk di bagian luar, menjadikannya pembersih sempurna untuk greenhouse dan jendela garasi.
  2. Dengan sifat antiseptiknya, cuka aman sebagai pembersih dapur. Dalam jumlah sedikit campur air, dapat membersihkan kounter dapur, kulkas, dan kompor. Bagian depan pembersih piring, pintu dan jendela oven, wastafel dan keran adalah bagian-bagian yang dapat dilap dengan campuran cuka dan air.
  3. Sifat anti-bakteri alami dalam cuka dapat membantu membersihkan luka dan memar ringan. Membungkus memar dengan kertas coklat yang telah direndam cuka adalah sebuah metode mengobati memar semenjak zaman dahulu, dan kini sedang kembali dipraktekkan.
  4. Cuka dapat digunakan untuk melegakan flu ringan. Tambahkan dengan campuran madu dan jeruk nipis, cuka organic dapat digunakan sebagai pengendali batuk alami.
  5. Cuka adalah pembunuh rumput liar alami; tuangkan cuka (tanpa dicampur apa-apa) pada semen di halaman rumah dan retakan di pinggir jalan. Cuka juga dapat menahan semut di luar rumah ketika disemprotkan pada pinggiran pintu dan jendela.
  6. Racoon dan kelinci akan menjauh dari kebun jika ada cuka. Bola-bola kapas dapat direndam dalam cuka lalu dimasukkan ke dalam wadah plastic yang sudah dilubangi (lubang-lubang kecil) di atasnya. Baunya bahkan akan menjauhkan kucing dari bunga-bunga Anda. Tapi hati-hati, jangan sampai cuka itu tertumpah karena akan berbahaya bagi bunga-bunga kita.
  7. Di sisi lain, ada beberapa bunga yang justru menghargai sifat asam cuka. Azalea akan tumbuh lebih lebat kalau ditambahkan campuran dua sendok makan cuka dan 1 liter air yang dituangkan pada bagian dasarnya.
  8. Peralatan luar rumah seperti keran air dan pipa-pipa dapat dibersihkan dengan cuka yang sudah diberi air. Casing unit AC dan pompa kolan juga dapat dibersihkan dengannya.
  9. Cuka menawarkan banyak keuntungan bagi kesehatan. Tambahkan cuka apel [1 sendok teh] pada segelas air dan madu, minum di pagi hari, terbukti dapat menurunkan kolesterol buruk dan mengendalikan gula darah. Ia juga dapat ditambahkan pada jus buah atau salad.
  10. Cuka dapat menjadi pembersih sayur dan buah yang aman. Satu sendok teh cuka putih dalam 1 liter air dapat disemprotkan pada apel, ketimun, dan makanan lainnya. Ketika dibersihkan dengan air, mereka akan bersih dan enak.

Hampir semua dapur memiliki satu botol cuka. Murah dan aman, cuka memiliki banyak kegunaan selain hanya untuk salad dressing.

Baca Juga:

http://www.gidesigns.net/articles/10-Great-Uses-For-Ordinary.htm
http://planetgreen.discovery.com/home-garden/vinegar-amazing-lawn-gar…
http://frugaldad.com/2010/09/21/uses-for-vinegar/

Tentang Penulis

Elizabeth Walling adalah penulis freelance yang berspesialisasi dalam kesehatan dan nutrisi keluarga. Ia seorang yang percaya bahwa hidup alami adalah jalan untuk meningkatkan kesehatan dan pencegah penyakit masa kini. Dia senang berfikir di luar kotak dan menantang mitos-mitos tentang kesehatan. Anda dapat mengunjungi blognya untuk membaca lebih banyak tentangnya: www.livingthenourishedlife.com/2009/10/welcome.html.

———————————————————————-

Diterjemahkan dari: http://www.naturalnews.com/031077_vinegar_household.html

—————————————————————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

LRB Shop

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Cuka, Terjemahan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to 10 Cara Menggunakan Cuka di Sekitar Rumah

  1. Pingback: Perbandingan Harga Bahan Pembersih Anorganik dan Organik | Limbah Rumah Bersih

  2. Pingback: Keuntungan Menggunakan Produk Kebersihan Alami dan Membuat Produk Kebersihan Sendiri (Homemade Cleaners) | Limbah Rumah Bersih

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s