Keuntungan Menggunakan Produk Kebersihan Alami dan Membuat Produk Kebersihan Sendiri (Homemade Cleaners)


Minggu, 27 Mei, oleh Sarka-Jonae Miller

green-cleaning-products-1(NaturalNews) Produk rumah tangga sintetis mengandung zat-zat berbahaya yang bereaksi dengan ozon dari udara, menciptakan formalin yang bersifat seperti racun. Bagian dalam rumah mengandung sekitar dua hingga lima kali polusi kimia dibandingkan area di luar rumah, menurut Agen Perlindungan Lingkungan (Environmental Protection Agency—EPA). Karena orang-orang menghabiskan sekitar 90 persen waktunya berada di dalam rumah, konsentrasi tinggi zat-zat kimia ini sangat berpengaruh. Polutan dalam ruangan dapat menyebabkan sakit kepala, gejala-gejala seperti flu, permasalahan syaraf, dan meningkatkan resiko penyakit pernafasan. Produk-produk alami untuk membersihkan ruangan adalah lebih baik untuk kesehatan. Menggunakan produk kebersihan hijau juga lebih baik bagi lingkungan. Membeli produk kebersihan alami membantu mendukung perusahaan-perusahaan hijau, tapi jika harga yang tidak terjangkau menjadi permasalahan, orang-orang masih bisa berpartisipasi dalam ‘praktek kebersihan ramah lingkungan’ dengan membuat sendiri produk-produk kebersihannya.

 

Produk-produk Alami untuk Membersihkan dan Membasmi Kuman

Baking SodaBuatlah pembersih sendiri dengan bahan-bahan sederhana seperti cuka, air berkarbonasi (air soda), dan soda kue. Buatlah pembersih serba guna dengan menggabungkan:

  • ¼ cup* soda kue
  • ½ cup* cuka
  • ½ gallon* air

Sebuah botol semprot berisi air soda dapat menjadi pembersih kaca yang baik.

Pembersih lantai buatan sendiri juga sangat sederhana. Untuk membersihkan lantai linoleum atau vynil gabungkan:

  • 1 cup* cuka
  • 3 tetes baby oil
  • 1 gallon* air hangat

asam cuka dapurOrang-orang tetap bisa membersihkan noda sulit dengan menambahkan ¼ cup borax pada resep pembersih lantai di atas.

Lantai kayu mudah dibersihkan oleh campuran cuka dan minyak goreng dengan ukuran sama [1:1].

Pada dasarnya rumah tidak butuh pembasmi kuman kimia. Disinfektan alami dapat dibuat menggunakan campuran:

 

Pembersih WC Buatan Sendiri

Produk pembersih alami menjaga toilet, bathtub, dan shower mengkilap tanpa zat kimia berbahaya dan bau bleach yang memuakkan. Untuk membersihkan toilet, tambahkan 10 tetes tea tree oil dan 3 cup cuka putih ke dalam toilet dan biarkan selama 15 menit.

Cuka adalah bahan bagus untuk pembersih alami buatan sendiri yang digunakan dalam bathtub dan shower karena tidak seperti sabun, cuka tidak meninggalkan residu. Isi penuh botol semprot dengan setengah bagian air dan setengah bagian cuka untuk pembersih shower sederhana. Biarkan cairan pada area yang ingin dibersihkan selama 30 menit sebelum disikat.

Cuka dapat menyingkirkan noda karat dengan mencampurnya dengan air dan soda kue.

Produk Ramah Lingkungan untuk Dapur

Kebanyakan sabun pencuci piring komersial mengandung bleach atau phosphates. Beberapa produsen menjual detergen rendah phosphate, tapi pembersih buatan sendiri bekerja sama baiknya untuk membersihkan piring dan perabot memasak.

Buatlah sabun pembersih piring alami dengan menggabungkan dengan bagian sama abu soda dan borax [1:1].

Untuk mencuci piring dengan tangan, gunakan sabun cari dan tambahkan 3 sdt cuka pada air rendaman sabun.

Terdapat juga pembersih alami untuk oven yang kotor. Buat sebuah pasta yang terdiri dari:

  • 1 ½ cup* soda kue
  • ½ cup* garam
  • ½ cup* air

Oleskan pasta pada bagian dalam oven, tapi tidak pada area besi. Biarkan pasta di dalam oven semalam. Di pagi hari, tambahkan ¼ cup cuka dengan ¼ cup air dalam botol semprot lalu semprotkan ke bagian dalam oven. Bersihkan.

Rumah yang terjaga kebersihannya dengan produk kebersihan alami lebih aman dari racun dan bahkan lebih wangi, ini penting karena pewangi ruangan sintetic memicu asma dan alergi. Cara alami untuk membuat rumah lebih wangi adalah dengan mencelupkan bola-bola kapas dalam ekstrak vanilla dan letakkan di sekitar rumah. Tanaman di dalam rumah juga membantu menyegarkan udara di dalam rumah.

Diterjemahkan dari (dengan sedikit penyesuaian): http://www.naturalnews.com/035981_cleaning_products_green_home_formulas.html

*Penjelasan ukuran:

1 cup = 236,59 ml = 0,2366 liter

1 gallon = 3,7854 liter

Sumber: http://www.worldwidemetric.com/measurements.html

Baca Juga:

20 Alasan untuk Selalu Sedia Baking Soda

10 Cara Menggunakan Cuka di Sekitar Rumah

Organic Cleaning

—————————————————————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

LRB Shop

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Baking Soda, Cuka, Kebersihan, Keramik, Pewangi, Terjemahan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Keuntungan Menggunakan Produk Kebersihan Alami dan Membuat Produk Kebersihan Sendiri (Homemade Cleaners)

  1. Makasih infonya. Bisa buat ngisi kegiatan KWT nich 😉

  2. Faizah says:

    Saya membuat pembersih lantai dengan infused berbagai rempah dan menggunakan essential oil hasil nya wangi bersih dan aman, saya menggunakan tea tree lavender, cinnamon, vetiver dan rosemary,untuk pewangi ruangan saya menggunakan essential oil juga cinnamon, sweet orange, lavender, tea tree dan yang yang….

  3. Faizah says:

    Maaf maksudnya Ylang Ylang

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s