Jeruk Nipis / Citric Acid / Sitrun / Asam Sitrat


Citric Acid Jeruk NipisAsam sitrat terdapat pada berbagai jenis buah dan sayuran, namun ditemukan pada konsentrasi tinggi, yang dapat mencapai 8% bobot kering, pada jeruk lemon dan limau (misalnya jeruk nipis dan jeruk purut).

Aku menggunakan sitrun sebagai alternatif dari jeruk nipis yang harganya relatif lebih murah dan lebih praktis. Namun, dalam beberapa kondisi, jeruk nipis lebih baik untuk digunakan.

1. Penyegar Pakaian.

Setelah baju digosok dan dibilas, masukkan kembali baju dalam ember dan rendam baju selama 10 menit dengan air sitrun (perkiraan 5 liter air = 1 sendok teh sitrun). Selanjutnya jangan bilas baju, cukup diperas (atau di-spinner) lalu dijemur.

2. Pembersih Noda.

Taburkan sitrun pada bagian baju yang bernoda. Gosok-gosok sedikit. Tunggu sebentar, lalu sikat.

3. Pencuci Tangan.

Sama seperti yang sering kita temui di rumah makan, mereka menyediakan air dengan potongan jeruk nipis di dalamnya. Sediakan mangkuk kecil, dan masukkan air dan setengah potong jeruk nipis. Biarkan anggota keluarga mencuci tangan mereka sebelum dan sesudah makan dengan air dalam mangkuk tersebut. Bisa juga sediakan semangkuk air dengan potongan jeruk nipis di samping wastafel (ganti setiap kotor). Selain bau tangan akan lebih segar, ia juga mendapatkan dosis vitamin C yang bagus untuk kulit.

4. Pengharum Ruangan.

Campurkan perasan sari jeruk nipis (1 buah) ke dalam air. Masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan pada ruangan yang Anda inginkan.

—————————————————————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

LRB Shop

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Kebersihan, Kosmetik dan Perawatan Pribadi, Pewangi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Jeruk Nipis / Citric Acid / Sitrun / Asam Sitrat

  1. zarahsafeer says:

    aku suka nyuci baju pake sitrun biar cling baju putihku…tapi tanganku jadi gitu dehh..kisut kena sitrun…sitrun juga buat jernihin air di rumah yg keruh, dia ngikat kotoran di airnya gitu kan ya?

    • lrbersih says:

      Iya, betul ^_^.
      Wah, klo untuk jernihin air saya belum coba. Nanti deh saya coba pke sitrun. Maksih share-nya :D.

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s