Makanan-makanan ‘Top’ untuk Kulit Mengagumkan


Selasa, 5 Maret 2013, oleh Jonathan Benson, Staff Writer

(NaturalNews) Terdapat berbagai macam produk perawatan pribadi di pasar saat ini yang mengaku dapat menyembunyikan kerutan, membersihkan noda kulit, dan menambah kecerahan pada kulit. Tapi, produk-produk tersebut gagal menyentuh akar permasalahan kulit, yang bagi banyak orang adalah dikarenakan kekurangan gizi. Berikut ini 10 makanan yang dapat Anda masukkan ke daftar makanan harian untuk membantu meningkatkan tampilan kulit secara alami.

1)      Alpukat. Kaya akan lemak, serat, vitamin, mineral dan berbagai nutrient penting, alpukat banyak membantu meningkatkan tampilan kulit ketika dimakan sebagai bagian dari makanan sehari-hari. Alpukat kaya akan biotin yang diketahui membantu membuat rambut lebih pekat dan kuat, dan kulit lebih berkilau dan segar. Biotin juga ditemukan dalam jumlah besar dalam hati dan telur.

jeruk nipis2)      Lemon, lime, dan buah-buah sitrun lainnya. Vitamin C adalah nutrient penting untuk kulit sehat karena ia membantu produksi kolagen, sejenis protein yang membentuk struktur dasar kulit. Salah satu sumber alami vitamin C adalah buah-buahan sitrun seperti jeruk nipis, yang dapat membantu mengurangi pembengkakakn, menetralisir radikal bebas, dan mengencangkan kulit. Sumber vitamin C lain yang baik adalah beri camu camu dan cheri acerola.

Camu camu Berries

Acerola Cherries

3)      Ketimun. Nutrien kunci yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kekenyalan kulit adalah silica. Salah satu sumber alami silica adalah ketimun, yang dapat diletakkan di atas mata untuk membantu melembabkan kulit dan menjinakkan kerutan. Mengkonsumsi silica sangat dianjurkan karena membantu menguatkan jaringan penghubung (connective tissue) di seluruh tubuh, termasuk otot, tendon, rambut, ligament, kuku, tulang rawan, dan tulang.

4)      Teh Kombucha. Teh Kombucha sedang ramai dibincangkan sekarang, yang tidak aneh sebenarnya, karena minuman probiotik ini menawarkan berbagai keuntungan positif bagi kesehatan—dan salah satu keuntungannya adalah menyehatkan kulit. Minuman fermentasi ini cenderung meningkatkan tekstur dan warna kulit, sekaligus mencerahkannya. Karena teh kombucha diketahui secara sistematis membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh, masuk akal bahwa kulit, yang merupakan organ terbesar tubuh, akan diuntungkan juga olehnya.

5)      Almond. Almond dan kulit kacang almond, khususnya, kaya akan vitamin E, sebuah nutrient yang terkenal membantu kesehatan kulit dan mencegah kerutan. Sebuah studi di tahun 2005 yang diterbitkan di Journal of Nutrition menemukan bahwa vitamin E dan bioflavanoids yang ditemukan dalam almond membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif. Memakan almond juga membantu mencegah dan mengobati kulit kering.

6)      Kentang Manis. Zat yang sama yang memberikan kentang manis kulit yang indah juga dapat meningkatkan tampilan kulit Anda. Beta-carotene, nutrient pendahulu (precursor nutrient) untuk vitamin A, membantu melindungi kulit dari kerusakan oleh radikal bebas.

7)      Salmon Liar. Demikian pula, warna pink ciri khas salmon liar sebenarnya adalah nutrient penjaga kulit yang bagus bernama astaxanthin, yang tak diragukan lagi nutrient pelindung kulit paling bermanfaat di alam. Makan lebih banyak salmon liar, dengan kata lain, dapat membantu menambah jumlah astaxanthin dalamtubuh, dan meningkatkan kesehatan dan kesegaran kulit Anda.

8)      Sayuran dan Buah-buahan Berwarna Hijau dan Oranye. Setiap buah dan sayur memiliki kandungan uniknya sendiri yang mempromosikan bagian tertentu bagi kesehatan. Dan, sejauh berhubungan dengan kulit, hijau dan merah nampaknya termasuk yang bermanfaat bagi kulit, karena mengandung carotene pelindung kulit yang melindungi dari kerusakan sel dan penuaan dini. Sayuran dan buah-buahan ini membantu menambah kulit dengan melepaskan sel kulit lama dan menggantinya dengan sel kulit baru yang sehat.

9)      Telur. Makanan ‘sempurna’ untuk kesehatan tak hanya kulit tapi seluruh tubuh adalah telur, yang mengandung protein lengkap dan berbagai vitamin dan mineral, asam lemak esensial, dan lemak jenuh. Seperti alpukat, telur mengandung biotin alami dalam jumlah banyak, dan juga carotenoid dan vitamin D, keduanya meningkatkan kesehatan kulit.

10)   Brazil Nuts. Salah satu sumber alami kaya akan selenium, kacang Brazil juga adalah  di antara makanan penting yang membantu meningkatkan kekencangan dan kelenturan kulit Anda. Selenium membantu melindungi kulit dari kerusakan karena paparan sinar matahari berlebih, dan kandungan zinc dalam kacang Brazil membantu mengatur produksi minyak dalam kulit, yang memberikan kecerahan yang kita semua inginkan pada kulit.

Diterjemahkan dari: http://www.naturalnews.com/039350_skin_health_foods_nutrition.html diakses 5 Maret 2013 pukul 10:32 WIB.

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Kosmetik dan Perawatan Pribadi, Terjemahan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Makanan-makanan ‘Top’ untuk Kulit Mengagumkan

  1. Beberapa minggu ini tiap pagi minum perasan jeruk nipis. pengennya sih biar agak kurusan tapi kalo muka jadi lebih cling tambah seneng nich 🙂

    • lrbersih says:

      Iya, minum air jeruk nipis di pagi hari memang salah satu detoksifikasi alami ^_^. Kerutan di tangan saya hilang semenjak suka peras jeruk nipis bikin minuman untuk suami dan anak2, sisa di tangan diolesin ke tangan dan muka :P.
      Selamat mencoba ^_^

      • Malah ndak kepikiran diolesin ke muka. makasih tipsnya ya. Besok lagi kalo bikin minuman jeruk nipis, jeruknya olesin ke muka habis itu dipake buat cuci piring. Multi fungsi juga ya 😉

  2. zarahsafeer says:

    alpukat ini berasa cepet banget efeknya ke anakku 7bulan…pernah tuh pas my boy 5 bulan hampir tiap hari makan alpukat pas lagi travelling, euleeuhh kulitnya makin kinclong lciin terus rambutnya jadi berkilau…emang kan ya anak bayi cepet banget kena efek dari apa yg dia makan…kyk yang kebanyakan makan karoten bisa bikin kuning kulit anak bayi

    • lrbersih says:

      Mantafff… smoga anak ibu tmbh soleh dan ‘kinclong’. Aamiin.
      Ibunya juga rajin makan alpukat, sayur, dll, nanti ke anaknya juga ngaruh ^_^ (ibunya juga makin kinclong 😉 ).

  3. Pingback: Agar Sehat dan Cantik Ikuti ‘Program’ Limbah Rumah Bersih | Limbah Rumah Bersih

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s