Agar Sehat dan Cantik Ikuti ‘Program’ Limbah Rumah Bersih


 Hugs

Bagi banyak wanita perawatan kecantikan adalah sesuatu yang amat sangat-sangat penting bahkan banyak yang rela mengeluarkan uang dan waktu yang banyak untuknya. Lotion, pelembab kulit, sunscreen, bedak, lipstick, sabun, shampo, pasta gigi dan mouthwash, pemutih kulit, dst, semua tak luput dipakai demi menjaga penampilan. Malah, ada wanita yang lebih mengutamakan kecantikan dibandingkan kesehatan. Demi ‘cantik’ mereka rela tidak makan, misalnya. Tapi, tahukah Anda bahwa kecantikan dan kesehatan adalah dua sisi mata uang. Untuk tubuh kita tampil prima, ia harus sehat. Kulit, mata, rambut akan kinclong, menarik, segar, dll kalau badannya sehat. Berbagai produk ‘perawatan kecantikan’ kimia hanya mengurus ‘topeng’, tapi tidak menyentuh akar permasalahan kecantikan, yaitu tubuh yang sedang ‘meringis’ kesakitan.

Mengapa Kita Sakit?

Seringkali orang-orang ketika sakit (termasuk hal-hal kecil seperti pusing-pusing atau muncul jerawat di wajah) hanya bertanya, “Apa obatnya?” Ada pertanyaan yang lebih penting daripada ini, yaitu, “Mengapa aku sakit?” “Hmm… aku berjerawat, kenapa, ya?” Bisa jadi kita melakukan sesuatu yang menyebabkan kita sakit; dengan menghilangkan hal tersebut maka penyakit kita pun akan sembuh sendiri. Masuk akal, bukan?

Terdapat empat alasan mengapa kita jatuh sakit[1]:

  1. Terlalu banyak racun di dalam tubuh
  2. Kekurangan zat gizi yang dibutuhkan tubuh
  3. Adanya ketidakseimbangan elektromagnetik
  4. Stres

Kita jatuh sakit karena salah satu atau gabungan dari kondisi di atas.

Not to Need Medicine Tidak Butuh Obat Kimia

Sehat dan Cantik: Dua Hal yang Saling Berhubungan

Pada dasarnya, ketika tubuh sehat maka seluruh bagiannya akan bekerja dengan baik. Kita seringkali menyepelekan pusing-pusing, mudah lelah (fatigue), dsb, sebagai kondisi alamiah, padahal itu adalah ‘alarm’ tubuh mengatakan bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Ketika pusing, orang bukannya berfikir untuk menghentikan atau memperbaiki kesalahan pola perilakunya terhadap tubuh, tapi malah membungkam alarm tubuh dengan minum obat sakit kepala, misalnya. Tubuh yang sesungguhnya sedang ‘komplain’ disuruh diam dengan obat sakit kepala itu, namun masalah sesungguhnya tidak teratasi. Ini akan menjadi bom waktu hingga ketika tidak terbendung lagi, muncullah penyakit-penyakit yang lebih besar.

Kita ambil contoh lain; kerutan kulit di wajah. Pada dasarnya ketika sehat, kulit akan melakukan tugasnya dengan baik; yaitu melindungi organ dalam. Kulit yang sehat akan secara berkala melepaskan selnya yang mati dan menggantinya dengan yang baru. Kerutan di wajah akibat penuaan pasti akan terjadi, namun seringkali perilaku salah kita yang menyebabkan penuaan dini terjadi.

Hubungannya dengan Limbah Rumah Bersih

Blog LRB concern di bidang ‘penyingkiran’ produk-produk kimia perawatan pribadi dan rumah tangga, dan menggantinya dengan yang lebih ramah lingkungan dan menjaga kesehatan si penggunanya. Ini sangat berdampak pada alasan nomor satu mengapa orang sakit: Terlalu banyak toksin.

Toksin itu darimana? Darimana-mana sih, tapi setidaknya kita berusaha mengeliminasi toksin-toksin yang mampu kita pilih. Kalau hal-hal seperti polusi udara, misalnya, kita tidak bisa atur, tapi apa-apa yang kita gunakan di dalam rumah, pilihan itu ada di tangan kita.

Banyak kisah di sekitarku orang yang justru jerawatnya sembuh atau berkurang ketika berhenti memakai pembersih wajah, pelembab, pemutih, sabun wajah, dsb. Ini adalah salah satu contoh penghilangan salah satu toksin yang menyebabkan hilang kondisi buruk yang kita derita. Lebih lanjut baca Cantik yang Mematikan: Terungkap Bahaya Kesehatan dalam Kosmetik dan Produk Perawatan Kulit.

Di post sebelumnya aku pernah cerita bagaimana dulu sebulan sekali aku jerawatan. Namun, ketika sedikit demi sedikit aku merubah pola hidup aku, mulai dari makanan hingga produk perawatan tubuh yang aku gunakan, badan ini pun terasa lebih sehat; jerawat hilang, badan lebih bugar, tidak pusing-pusing, tidak mudah lelah, dst. Sebelumnya aku pikir aku adalah orang yang sehat, ternyata itu tidak ada apa-apanya dengan apa yang aku rasakan saat ini. Ini juga berpengaruh pada tampilan luarku yang makin ‘kinclong’. Jadi benar kata iklan, “Healthy on the outside, starts from the inside.” (Baca juga Makanan-makanan ‘Top’ untuk Kulit Mengagumkan). Dan, secara keuangan pun sangat hemat karena aku sama sekali tidak membeli produk perawatan tubuh apa pun 😉 (ini rahasia besar yang produk-produk kecantikan tidak ingin kita ketahui, atau mereka akan bangkrut dalam semalam—Jadi ini antara kita-kita aja, ya…).

Advertising has us chasing cars and clothes, working jobs we hate so we can buy shit we dont need

Ada hal lain yang berhubungan langsung dengan LRB: limbah rumah tangga. Dengan semakin banyak wanita memakai berbagai produk kecantikan (dan produk perawatan rumah tangga kimia sintetis), botol-botol sisa itu pun menumpuk dan turut meracuni lingkungan. Isi dari botol-botol tersebut adalah toksin. Tidak hanya mengganggu kesehatan kita, namun juga turut mengganggu keseimbangan alam. Jadi, dengan memakainya, kita sebenarnya turut mendukung pencemaran lingkungan.

So, ingin sehat dan cuantik? Jalankan terus program Limbah Rumah Bersih di rumah Anda ^_^.


[1] Kevin Trudeau, “Natural Cures ‘They’ Don’t Want You to Know About”, Alliance Publishing Group, United States of America, 2004, hlm. 73.

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Dukungan, Kosmetik dan Perawatan Pribadi, Perenungan, Toxin and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Agar Sehat dan Cantik Ikuti ‘Program’ Limbah Rumah Bersih

  1. @damae53 says:

    wah, ternyata ingin sehat itu tidaklah susah ya mak, tp seringkali kita lalai akan hal2 kecil di sekitar kita, 🙂

  2. Ida Nurlaila says:

    ijin share ya mak Hanna…penting ini

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s