Ekstrak Jeruk Nipis


Jeruk Nipis memiliki banyak manfaat, baik untuk tubuh, kulit, bahkan untuk berbagai noda, dan meng-kinclong-kan peralatan kaca kita. Dua pekan lalu aku mendapatkan sharing dari teman bagaimana membuat seluruh bagian jeruk nipis termanfaatkan. Jadi, post ini adalah tentang cara membuat ekstrak jeruk nipis yang bisa Anda buat dan simpan dalam botol-botol sirup dan biarkan dalam kulkas.

Setelah tahu cara membuat ekstrak jeruk nipis, banyak kegiatan sehari-hari terbantu. Untuk mencuci baju, sitrun ‘ke laut’ aja deh, … heheh… Untuk mencuci baju, ekstrak jeruk nipis membuat pakaian lebih segar dan bersih tanpa membuat kulit keset, dan efektif menghilangkan noda sehari-hari.

Aku juga menyimpan setengah botol (bekas sabun bayi–200ml) di WC untuk pemakaian sehari-hari. Bisa untuk sekedar cuci tangan, sebagai conditioner rambut, keramas, dan/atau mandi. Botol bekas liquid handwash soap samping wastafel di rumah juga aku isi ekstrak jernip sebagai sabun cair pencuci tangan. Ekstrak jernip ini juga aku campur abu gosok dan aku pakai cuci piring. Macem-macem, deh.

Penasaran, kan? 😉

*ting-ting-ting

Ekstrak Jernip

Berikut ini cara membuat ekstrak jeruk nipis:

1)    4 buah jeruk nipis[1] ukuran sedang dicuci dan dilap kering.

2)    Iris tipis jeruk nipis beserta kulitnya.

3)    Rebus dengan air sekitar 700 ml (kira-kira seukuran botol sirup). Setelah mendidih, matikan kompor lalu tunggu hingga hangat.

4)    Masukkan ke dalam blender, lalu blender hingga hancur (apabila kulit jeruk nipis terlalu tebal, boleh lewatkan bagian ini dan tidak perlu diblender).

5)    Saring dengan kain penyaring (seperti menyaring santan), dan pastikan tidak ada ampas atau bulir yang keluar.

6)    Masukkan ekstrak ke dalam botol kaca.

Simpan ekstrak jernip di kulkas, tapi untuk pemakaian sehari-hari bagilah ke dalam botol-botol sesuai kebutuhan, misalnya simpan setengah botol ‘sabun’/’shampo’ di kamar mandi, sebagian di botol ‘handwash’ samping keran air tempat cuci tangan, tuangkan sedikit di wadah dekat tempat cuci piring, dsb. Ini untuk menjaga agar kita tidak perlu terus bolak-balik ke kulkas.


[1] Ada berbagai macam jeruk nipis, pilihlah yang paling Anda suka wanginya.

—————————————————————————————–

Awalnya aku coba buat 1 botol dulu, tapi setelah ternyata pemakaianku yang banyak, jadi aku stok 2 botol sirup di kulkas berisi ekstrak jeruk nipis ini.

Aku sekarang lagi bereksperimen dengan beberapa bahan untuk dijadikan penyegar lemari pakaian (dan siapa tahu bisa juga untuk pengharum ruangan). In shaa Allah postingannya akan hadir nanti.

Selamat mencoba! ^_^

—————————————————————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

LRB Shop

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Gigi dan Mulut, Kebersihan, Kosmetik dan Perawatan Pribadi. Bookmark the permalink.

22 Responses to Ekstrak Jeruk Nipis

  1. yoga says:

    kalo untuk wanginya gimana tuh mba? semakin banyak semakin wangi? atau bagaimana? wanginya tahan lama jika untuk dijadikan sabun? dan apakah wanginya tidak melekat?

    • lrbersih says:

      Kebetulan yang saya rasakan memang wanginya tidak tahan lama :). Makanya produk-produk dengan bahan sintetis suka ditambahkan lagi bahan penguat wangi. Tapi buat saya yang lebih mementingkan keamanan ya tidak apa-apa wanginya tidak tahan lama, ya tinggal diberi jernip lagi :).

  2. Nath says:

    Terima kasih artikelnya, sangat bermanfaat 👍
    Kalau boleh tanya, waktu dibuat liquid handwash apa ada busanya dikit2? Bahannya hanya perlu ekstrak jeruk nipis ini saja, Mbak? Tanpa campuran bahan lain? Apa efektif membersihkan kuman ya, Mbak?

    Lalu kalau dibuat shampoo dan sabun, resepnya apa ya Mbak? Tertarik bikin juga kalau memang semultifungsi ini hehe.. Maaf banyak tanya, trims lho 🙂

    • lrbersih says:

      Enggak ada busanya. Memang saya coba share-nya tips-tips yang mudah, yang hanya cukup satu atau dua bahan, hemat waktu :).

  3. Pingback: Air Juga adalah Bahan Pembersih | Limbah Rumah Bersih

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s