Air Rebusan Daun Sirih


daun sirih hijauSebelumnya aku sudah menjanjikan akan menceritakan pengalaman dengan bunga-bunga, tapi ternyata itu membutuhkan tulisan yang panjang dan waktu yang lebih lama. Untuk saat ini aksesku ke internet lagi gak bebas, jadi maaf ya kalo lama belum posting apa-apa. But, aku akan memanfaatkan waktu yang sebentar saat ini untuk menulis tentang pengalaman kami dengan air rebusan daun sirih!

Awalnya sekitar 3 minggu lalu suami tiba-tiba ingin mandi dengan air rebusan daun sirih (minta dari tetangga untuk ditanam depan rumah). Setelahnya ternyata bau badan hilang dan kulit kerasa enak. Katanya beliau udah tahu dari lama, tapi baru sekarang dicoba. Aku juga lalu coba dan dengan hasil yang sama. Setelah itu setiap hari kami selalu mandi dengan air rebusan daun sirih, dan aku selalu stok satu botol (sebesar botol sirup) air rebusan daun sirih di kulkas.

Hari Minggu kemarin, suami pergi ke rumah mertua dan mandi di sana. Karena gak bawa air rebusan daun sirih, jadi beliau pakai sabun biasa. Bau badannya tidak hilang. Wangi sabunnya hanya menutupi bau badan, tapi begitu wanginya hilang, bau badannya kembali. Kalau pakai air rebusan daun sirih, badannya benar-benar tidak bau.

Pengalaman lain, suami kan suka main futsal seminggu sekali. Setiap pulang dari futsal pasti bau kakinya (selain bau badan heheh, tapi kaki yang paling semerbak baunya). Semenjak mandi pakai air rebusan daun sirih, ini gak terjadi lagi.

Suami cerita dulu pernah beberapa kali cuci muka pakai air rebusan daun sirih waktu SMP karena banyak jerawat, tapi karena gak sabaran (jerawatnya gak hilang-hilang), akhirnya gak dilanjut. Kami baru tahu belakangan bahwa penyebab jerawat itu banyak, jadi percuma juga kalau cuci muka pakai air rebusan daun sirih, tapi penyebab awal jerawatnya tidak dihentikan heheh… Ibarat manggil pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang menjalar rumah, tapi sambil terus menyalakan api baru dan mengipasinya.

Kami juga kini menggunakan air rebusan daun sirih sebagai mouthwash juga :).

Ternyata ada daun sirih hijau dan daun sirih merah. Kami sudah coba menggunakan dua-duanya dan ternyata beda hasilnya. Daun sirih hijau yang paling cocok dipakai perawatan tubuh dan wajah. Wanginya khas, jadi tidak akan tertukar dengan daun sirih merah yang tidak wangi.

Selamat mencoba :D.

—————————————————————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

LRB Shop

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Gigi dan Mulut, Kebersihan, Kosmetik dan Perawatan Pribadi, Pewangi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Air Rebusan Daun Sirih

  1. Pingback: Jaga Kebersihan Gigi Anak Tanpa Pasta Gigi | Limbah Rumah Bersih

  2. Anonymous says:

    wah, ternyata manfaat sekali ya daun sirih ini. boleh kak dibagi takaran bahannya ketika membuat air rebusan daun sirih. di belakang rumah banyak tumbuh daun sirih 🙂
    Terimakasih

  3. narinawati says:

    wah ternyata daun sirih ini bermanfaat sekali. boleh kak dibagi resepnya (takaran bahannya). pas di belakang rumah ada banyak daun sirih, hampir saja waktu itu mau aku babat 🙂

    • lrbersih says:

      Gak punya takaran pas sih… Adanya 3-5 helai untuk satu rantang air :). Bebas. Wah, asyik bgt klo punya tanaman sirih di kebun rumah. Jadi jauh lebih mudah :).

  4. rodamemn says:

    di depan rumah ada daun sirih merah, udah merambat kemana-mana ….hahaha :), banyak yg minta buat dipake jadi obat dan buat ditanam di rumah masing2… 🙂 memang yg alami pasti jauh lebih baik 🙂

    • lrbersih says:

      Tapi jangan dipakai mandi. Ya terserah sih… cuma enggak se-wangi daun sirih hijau :). Yang asyik dipke mandi (dan untuk bersih-bersih dan membantu penyembuhan luka) itu daun sirih hijau.
      Daun sirih merah bisa untuk membersihkan mata dan memperjelas penglihatan :).

  5. Perlu di coba iniii, sirih memang daun yang berkhasiat ya? kalau mimisan juga pake daun sirih

  6. terimakasih gan atas informasi nya ya gan
    salam hangat : http://tanjungherbal.com/crea

    m-arabian/

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s