Pendahuluan Buku LRB


ImageSudah beberapa bulan ke belakang saya merangkum berbagai tips membersihkan rumah dan perawatan pribadi dengan bahan-bahan alami. Saat ini sudah setengah jalan, dan yang membuat lama bukanlah mengetiknya, tapi menguji-cobakan setiap tips tersebut dalam kehidupan saya pribadi.

It’s been a great experience!

Saya belum menemukan judul yang tepat untuk buku tersebut selain “Handbook untuk Pekerjaan Rumah Sehari-hari” (itu nama file-nya). Di bawah ini saya berikan ‘intipan’ bagian pendahuluan buku tersebut. Saya akan sangat menghargai masukan dari Anda, plus siapa tahu ada yang mau memberikan masukan judul yang catchy ;).

Bagian I – Baca Ini Dulu

Saat ini terdapat lebih dari 80.000 bahan kimia sintetis yang beredar di pasaran dan hanya beberapa ratus di antaranya telah di-ujicoba[1]. Bahan-bahan sintetis yang telah diujicoba menunjukkan hasil-hasil yang membuat kita mempertanyakan keamanannya. Di zaman saat ini dimana semua produk komersil pasti mengandung zat sintetis memiliki efek kumulatif, dimana memperparah/menyebabkan penyakit degeneratif setelah bertahun-tahun pemakaian, kita semua sampai pada satu pertanyaan, “Apa yang harus saya lakukan?”

Buku ini memberikan jawabannya. Bahan-bahan yang efektif dan ramah lingkungan itu ADA. Ingat, sebelum para perusahaan international memutuskan membuat berbagai produk sintetis, manusia sudah bertahan hidup selama ribuan tahun dengan bahan-bahan non-sintetis.

Ini adalah handbook untuk pekerjaan rumah sehari-hari dengan bahan yang ramah lingkungan, relatif mudah didapat, dan relatif mudah digunakan (kami bilang ‘relatif’ loh, ya…). Di antara pertanyaan yang ingin dijawab adalah (1) bahan-bahan apa yang digunakan, (2) bagaimana cara menggunakannya, dan (3) apa takaran yang sesuai.

Untuk pertanyaan yang pertama, sebenarnya bahan alami yang bisa digunakan ada banyak dan ada berbagai versi ‘resep’ namun demi mewujudkan ke-‘mudah’-an, maka hanya beberapa yang disebutkan di sini. Resep-resep yang lebih rumit membutuhkan waktu yang lebih lama dan butuh dibuat dalam jumlah yang cukup besar, dan dengan modal yang lebih besar, kurang cocok untuk penggunaan domestik yang mungkin hanya butuh dalam jumlah kecil, harga lebih murah, dan hemat waktu penyiapan. Kami pun merasakan ‘penderitaan’ ibu-ibu rumah tangga yang sibuk dan ingin menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah tangga secepat, seefisien, dan seefektif mungkin. Adapun untuk pertanyaan kedua dan ketiga (cara menggunakan dan takaran yang sesuai) itulah kami tuangkan jawabannya dalam handbook ini, semoga dapat membantu.

Tentu saja ada banyak alasan mengapa Anda pribadi mau mempraktekkan tips-tips ini. Misalnya, ada orang yang ekstra sensitif dengan detergent, bahkan hingga pecah-pecah dan berdarah-darah kulitnya untuk melakukan hal sesederhana mencuci baju. Ada juga beberapa produk yang jika dibersihkan dengan detergent akan berkurang fungsinya, popok bayi jenis ‘clodi’ misalnya, yang akan berkurang daya serapnya jika dicuci dengan detergent. Bayi pun ada yang sensitif pernafasannya sehingga tidak kuat memakai pakaian yang dicuci dengan bahan-bahan pembersih dan pengharum yang beredar, atau bayi yang tidak bisa memakai bedak dan krim komersil. Atau, Anda mungkin hanya sekedar penasaran ingin meluaskan pengetahuan—mencari-cari inspirasi, membuka cakrawala—berbagai alternatif lain dalam merawat rumah dan tubuh Anda, siapa tahu bermanfaat dikala darurat. Ada beragam alasan mengapa seseorang mau membaca buku ini. Apa pun itu, semoga sebagian atau seluruh isi buku ini bisa bermanfaat untuk Anda.


[1] Mark Hyman, The UltraMind Solution: Fix Your Broken Brain by Healing Your Body First, 2009, US, Scribner, hlm. 66.

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Buku, Toxin and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pendahuluan Buku LRB

  1. Pingback: Apa Judul yang Tepat? | Limbah Rumah Bersih

  2. bejo says:

    Hidup Sehat Tanpa Zat Kimia.
    Hidup Alami Bahagia di Hati…

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s