LRB Ingin Lebih Nge-Indonesia


Sumber Gambar: eresep.com

Selama beberapa bulan ke belakang saya sering mengumpulkan tips-tips membersihkan rumah tangga dari sumber-sumber berbahasa Inggris. Bukan karena saya tidak cinta Indonesia, tapi memang karena konten tentang bahan-bahan pembersih alami lebih banyak yang berbahasa Inggris.

Karena artikelnya dari negara berbahasa Inggris, ini pastinya mempengaruhi konten. Terdapat bahan-bahan yang mungkin di daerah asalnya (AS, Canada, dsb) mudah didapat, tapi bagi kita di Indonesia belum tentu tersedia. Ini alasannya mengapa banyak saya sering memposting penggunaan baking soda dan cuka dapur, misalnya, karena banyak artikel dan buku berbahasa Inggris membahas tentang bahan-bahan tersebut.

Bersyukur saya punya teman diskusi dimana kami bereksperimen dan share pengetahuan bersama. Saya menyadari ada bahan-bahan yang di daerah tertentu tidak ada, tapi ini bukan berarti tidak ada bahan pembersih di daerah tersebut.

Sebutlah di perkampungan nenek temanku itu, di sana masih ada pengetahuan tentang menggunakan abu merang (abu dari pembakaran padi—setelah bulir padinya dipisahkan) untuk keramas. Beliau pulang membawa sebungkus besar abu merang dan membaginya bersamaku untuk dicoba. Lalu, ada juga info tentang keramas dengan lidah buaya. Di banyak daerah, lidah buaya kadang seperti hama karena saking mudahnya tumbuh dan menjalar kemana-mana. Dan banyak lainnya.

Saya ingin juga mencatat khazanah nenek moyang Indonesia dari berbagai pulau; bagaimana dulu mereka mencuci baju, menjaga keharuman pakaian, keramas, menjaga kebersihan gigi, dsb. Ini untuk menambah kaya khazanah keilmuwan kita dan menambah pilihan-pilihan kita untuk hidup bersih, sehat, dan hemat.

Saya menerima kisah-kisah Anda! Silahkan menceritakan daerah tempat Anda tinggal berikut dengan solusi-solusi pembersih dan perawatan pribadi dan rumah tangga alami yang Anda temukan.

Email saya di limbahrumahbersih@yahoo.co.id. 🙂

—————————————————————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

1. bukukita.com

2. agenbuku.com

3. Ya Salim Baking Soda

4. Blog LRB melalui email limbahrumahbersih@yahoo.co.id atau menghubungi 081802223163.

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Buku, Kebersihan, Kosmetik dan Perawatan Pribadi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to LRB Ingin Lebih Nge-Indonesia

  1. Pingback: Abu Merang untuk Menumbuhkan Rambut? | Limbah Rumah Bersih

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s