Abu Merang untuk Menumbuhkan Rambut?


Di postingan sebelumnya saya pernah cerita mendapatkan abu merang dari teman. Nah, semenjak hari Minggu malam (22 September 2013), saya mulai mempersiapkannya untuk dipakai keramas keesokan harinya. Saya tidak langsung menggunakannya setelah mendapatkannya karena masih ingin menggunakan baking soda, barulah pekan lalu saya memutuskan untuk membuat ‘tantangan 6 hari’ keramas dengan abu merang.

Abu merang 1 sdm[1] saya rendam dalam setengah mangkuk air hangat dan diberi ½ jeruk nipis (direndam beserta kulitnya). Keesokkan harinya, semua isi mangkuk saya saring, lalu airnya itu yang saya gunakan keramas.

Sekarang saya sudah di hari ke-4. Saya memang tidak mengharapkan adanya perubahan apa-apa, toh baru tiga hari keramas. Namun, ada sesuatu yang baru saya sadari tadi pagi. Sebelumnya saya sudah melihat, tapi tadi pagi saya baru memikirkan dan melihatnya dengan lebih jelas… Apa tuh? Ada banyak rambut-rambut pendek (1-2 cm) tumbuh dari belahan rambut saya. Pada dasarnya saya berambut ikal, jadi kalau ada rambut pendek, dia tidak akan jatuh, tapi akan ‘berdiri’. Suami juga menyadarinya.

Di antara kepercayaan tentang abu merang adalah katanya abu merang bisa menghitamkan (mungkin maksudnya menebalkan) rambut. Ini belum terlalu saya rasakan karena memang pada dasarnya rambut saya tebal. Tapi, kalau menambah cepat pertumbuhan rambut, saya belum pernah dengar.

Abu merang adalah pembakaran tanaman padi setelah bulir-bulir matangnya dikeluarkan. Di perkampungan nenek temanku itu, abu merang ini akan disebarkan lagi di tanah sawah sebelum ditanami padi lagi. Mendengar penjelasan seperti ini, wajar jika abu merang memiliki khasiat-khasiat pada kulit kepala dan rambut, karena ia pasti kaya akan mineral.

Ini hanya penilaian awal. Nantikan kisah saya di akhir ‘tantangan 6 hari abu merang’ nanti ;).


[1] Sdm = sendok makan

——————————–

Kelanjutan postingan ini bisa dibaca di SINI.

Gallery | This entry was posted in Abu Merang, Baking Soda, Jeruk Nipis, Kosmetik dan Perawatan Pribadi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Abu Merang untuk Menumbuhkan Rambut?

  1. Pingback: Kulit Kepala Gatal dan Keramas: Kisah Abu Merang, Jeruk Nipis, dan Daun Lidah Buaya | Limbah Rumah Bersih

  2. Hardi says:

    Udah ada hasilnya? Gimana kelanjutannya?

  3. citramanica says:

    Wah, bisa dicoba nih….

    • lrbersih says:

      Saya sampai sekarang keramas pakai abu merang :). Bisa juga di-variasi, misalnya dengan air rebusan daun sirih, dan/atau baking soda.

Bagaimana Menurut Anda?

