Membersihkan Lantai Setelah Renovasi


Atap kamar saya belum lama ini selesai direnovasi. Kini, kami masuk tahap bersih-bersih. Wuih, beres-beres dan bersih-bersih setelah para tukang bangunan telah pergi bukanlah perkara gampang. Ada banyak ‘entah apa’ terjatuh ke lantai, dan ini perlu digosok.

Awalnya lantai kotor seperti ini:

Foto-0022_1

Dalam membersihkan lantai, ada beberapa tahap yang kami lakukan. Pertama saya taburkan campuran abu gosok dan baking soda ke atasnya. Campuran abu gosok dan baking soda ini memang biasa saya simpan di samping wastafel untuk membantu cuci piring, jadi saya tidak perlu membuat lagi.

Foto-0023

Campuran kering bubuk abu gosok dan baking soda dengan perbandingan sama (1:1).

Kemudian saya menyemprotkan cuka pada area yang telah ditaburi abu gosok dan baking soda. Biarkan selama sekitar 10 – 30 menit (sambil menunggu kami melakukan hal yang lain dahulu—seperti membereskan kamar sebelah). Setelah itu, gosok lantai satu-satu dengan penggosok piring. Terakhir bilas dan pel seperti biasa dengan air yang telah dicampur essential oil (baca terus ke bawah untuk info esoil). Saya tambahkan garam 1 sendok makan ke dalam ember air untuk pel.

Foto-0025

Satu keramik sudah bersih. Lanjut ke keramik berikutnya….

Tahap kedua (keesokan harinya) saya membuat baking soda dan cuka (dengan perbandingan 1:1) ke dalam piring. Campurkan keduanya dengan tangan sambil campuran masih sedang berbuih (Anda akan merasakan sensasi dingin brrr). Dengan ‘pasta’ ini, colek sedikit, lalu gosokkan lantai satu-satu dengannya. Terakhir, bilas dan pel seperti biasa dengan air saja (atau bisa juga air dalam ember tersebut ditambahkan garam 1 sendok makan).

Foto-0030

Campuran Baking soda + Cuka dapur menjadi ‘pasta’. Dalam gambar ini pasta sudah habis, kecuali sedikit, yang masih ada di piring.

Untuk campuran air dan essential oil, suamiku berinisiatif menyimpannya dalam botol mouthwash bekas.

Foto-0031

Botol bekas mouthwash yang berisi air dan essential oil. Untuk botol sebesar ini, dimasukkan essential oil sekitar 1 sendok teh.

Ketika pel lantai, isi botol tersebut disemprot-semprotkan ke lantai, lalu gosok dengan pel. Esoil ini sebenarnya hanya ‘bonus’, karena kebetulan ada di rumah. Sebenarnya baking soda sendiri adalah penetral bau, jadi yang saya rasakan bau lantainya hilang ketika digosok dengan baking soda.

Foto-0029

Lantai bersih dan wangi.

Awalnya suami nyeletuk bilang mau beli karb*l. Alasannya biar wangi. Aku sedikit tersinggung, masa penulis ‘Rumah Bersih Alami’ nyuci lantai pake karb*l? pikirku dalam hati. Heheh… Tapi kemudian suami mendukung untuk membersihkan lantai dengan bahan-bahan di atas. Dan ternyata lantai bisa tetap bersih dan wangi.

—————————————————————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

LRB Shop

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

—————————————————————————————-

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Baking Soda, Cuka, Kebersihan, Keramik, Pewangi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Membersihkan Lantai Setelah Renovasi

  1. Wah,,boleh dicoba nih,,kdg ada pmbersih yg dijual dipasaran merusak keramik,,trutama yg berwarna,,kalo pakai cara alami ini bisa ngga bwt keramik berwarna mba,,tengkyu

    • lrbersih says:

      Bisa banget… 🙂
      Sebenernya pake abu gosok + baking soda saja cukup (atau untuk kondisi sehari-hari cukup air dan garam untuk pel lantai). Ini sih sy jadi lebih ribet karena kotoran di lantainya bekas renovasi, jadi ada semen, dll :).

  2. dapukata45 says:

    Wihiii… nemu tips keren. Saya belum pernah nyoba ngepel yang airnya dicampur garam. Kalo boleh tau, itu gunanya supaya apa ya, Mbak?

    • lrbersih says:

      Pel lantai dengan air aja sebenarnya cukup. Garam hanya sebagai penghambat pertumbuhan kuman :), tapi di sisi lain tidak meracuni kita maupun lingkungan.

  3. luckyazmi says:

    terimakasih banget mbak….tips nya kereeennn!!!! kebetulan rumah saya juga baru selesai renovasi, noda di lantai sempet bikin galau…..

  4. didit4ditia says:

    makasih mbak infonya tapi kalau butuh jasa renovasi rumah jakarta selatan bisa hubungi kami

  5. maminaglen says:

    Mba.. jd tahap 1 itu baking soda + abu gosok ya? Didiemin dlu 30mnt.. lalu disemprot air cuka? Trus lgs digosok atau lgs disikat? Kalo dr awal abu gosok, baking soda dan cuka lgs dicampur gimana ya?

  6. Pingback: Air Juga adalah Bahan Pembersih | Limbah Rumah Bersih

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s