Panduan Berbelanja Ramah Lingkungan


Orang yang kepeduliannya akan lingkungan sudah tertanam kuat, akan turut merencanakan kegiatan belanjanya agar ramah lingkungan pula. Proses ini dimulai jauh sebelum kaki akan melangkah ke tempat berbelanja.

Purchasing - before you go shopping, take a minute to consider your needs and possibilities

Berikut ini panduan berbelanja dari Green Tool Box

1 - Don't buy what you don't need

1. Jangan membeli apa yang tidak Anda butuhkan. Jika Anda tidak membeli barang-barang yang diinginkan [bukan butuhkan], Anda menghemat bahan-bahan yang digunakan untuk proses produksi, berikut dengan energi yang digunakan pada prosesnya. Ini cara hebat untuk mencegah pembuangan limbah: Anda tidak dapat membuang apa yang tidak Anda beli. Daripada bergantung pada pasar untuk kebutuhan Anda, Anda dapat meminjam, menyewa, atau berbagi. Pinjam apa yang Anda butuhkan dari perpustakaan, atau sesuaikan diri dengan apa yang Anda punya. Misalnya, Anda dapat berbagi satu printer atau mesin kopi dengan beberapa [ruang] kantor. Ingat untuk mengecek ruang penyimpanan barang Anda; mungkin Anda sudah memiliki apa yang Anda butuhkan (atau apa yang bisa Anda sesuaikan) di sana. Jika Anda perlu membelinya, maka…

2 - Avoid Disposable Products2. Hindari produk sekali pakai. Berinvestasilah pada kualitas yang akan bertahan untuk jangka waktu panjang.


3 - Think Local 3. Lokal. Berbelanja lah barang-barang lokal untuk mengurangi biaya perjalanan, dan beli lah bahan kebutuhan yang diproduksi di daerah Anda untuk mengurangi transportasi barang.

4 - Minimize the Impact on the Environment4. Kurangi dampaknya pada lingkungan, dengan membeli produk-produk ramah lingkungan; Anda juga akan membantu para pengusaha ramah lingkungan untuk berkembang.

5 - Buy recycled products5. Beli produk daur ulang untuk menyempurnakan lingkaran daur ulang.

6 - Buy second hand6. Beli barang bekas layak guna: [misalnya] dari toko-toko amal, iklan baris lokal, tempat penjualan barang murah, lelang on-line.

7 - Try to avoid supermarkets7. Upayakan menghindari supermarket: mereka menggunakan kekuatan membeli mereka untuk menurunkan harga, memaksa pemasok menggunakan cara-cara yang lebih murah namun merusak lingkungan. Mereka juga membuat banyak toko lokal gulung tikar, menjadikan [kita] lebih sulit berbelanja secara lokal. Jika Anda memang butuh, tulislah surat pada mereka atau berbicara lah dengan manager toko tentang mengurangi kemasan, menyetok barang organik, dsb.

8 - Reduce Packaging8. Kurangi pengemasan: hindari barang-barang yang dikemas; gunakan kantong daur ulang daripada kantong plastik; berbelanja lah di toko-toko yang membiarkan Anda mengisi ulang atau membawa wadah Anda sendiri; beli dalam jumlah grosir; beli produk-produk dalam kemasan yang dapat Anda daur ulang.

9 - Shop Online9. Berbelanja secara online: pemesanan delivery atau secara pos [email] akan mengurangi transportasi dibandingkan jika setiap orang pergi berkendara ke toko.

10 - Get it for free10. Dapatkan secara gratis: Lihatlah freecycle.org atau di tempat penampungan; Anda akan kagum dengan apa yang dapat Anda temukan.

Asyik, kan? Semoga bermanfaat!

—————————————————————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

1. bukukita.com

2. agenbuku.com

3. Ya Salim Baking Soda

4. Blog LRB melalui email limbahrumahbersih@yahoo.co.id atau menghubungi 081802223163.

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

—————————————————————————————-

Jika Anda ingin terus up-date dengan info-info LRB, Anda dapat mengupdate informasi melalui Fb, Twitter, atau email. Berikut caranya; Like halaman Facebook Limbah Rumah Bersih, ikuti blog ini melalui email dengan mendaftarkan alamat email Anda pada kotak sebelah kanan dan dapatkan kabar setiap kali ada berita terbaru, atau follow twitter@lrbersih.

Kami tidak akan menggunakan ketiga platform ini untuk menjual produk kebersihan, ok ;)

—————————————————————————————-

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Dukungan, Terjemahan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s