Proses Detoksifikasi


Salah satu penyebab kita jatuh sakit adalah terlalu banyaknya toksin di dalam tubuh yang tidak bisa tubuh tangani.

Pada dasarnya proses detoksifikasi adalah proses alami tubuh. Kita semua menghasilkan limbah, baik limbah tubuh, maupun limbah dari luar tubuh. Permasalahannya adalah jika tubuh tidak mampu mengeluarkan toksin-toksin tersebut dengan optimal.

Saat ini tidak ada orang yang tubuhnya bebas dari toksin—khususnya bahan kimia sintetis—termasuk saya sekeluarga.

Untuk cara mendetoksifikasi tubuh, Anda mungkin mau membaca ini: 10 Tips Membersihkan Tubuh dari Toksin.

Nah, postingan ini adalah pengalaman saya pribadi mendetoks.

Begini, beberapa pekan lalu suami dan anak-anak batuk-pilek, dan suami adalah yang paling parah. Selain karena beliau usianya paling tua, juga karena yang paling kurang ‘organik’ heheh… Maksudnya beliau masih suka ngemil makanan instan dan mandi dengan sabun berbahan dasar kimia sintetis, dan beliau memang paling sibuk berjibaku dengan polusi asap kendaraan. Jadi, beliau yang paling butuh bantuan detoksifikasi.

Kami pun memasang detoks foot pads di kaki. Awalnya suami dan anak pertamaku yang memakai. Ketika bangun pagi, betul-betul banyak sekali kotoran yang keluar! Eeuuwww… Yang membuat saya kaget adalah anak pertamaku pun banyak sekali kotorannya, tapi untungnya batuk dan flu-nya langsung berhenti pagi itu juga. Sebaliknya, suami saya butuh sampai beberapa kali pakai (dengan sekian kali pula kotorannya begitu banyak) hingga akhirnya merasa baikan.

Beberapa malam berikutnya saya merasa penasaran dan juga memakai detoks foot pads (hidung mulai terasa tersumbat waktu itu, tapi belum ada gejala flu lainnya). Keesokan paginya ketika saya buka, kotorannya ada, tapi masih ‘wajar’, tidak sampai basah dan lengket.

Foto-0020

Memang di antara kami berempat, saya dan anak kedua (masih baduta), tidak memakai sabun atau produk kimia sintetis apa pun (kecuali cairan pencuci piring yang saya belum menemukan pengganti alaminya yang efektif membersihkan minyak dari wadah plastik). Anak pertamaku masih diberi sabun ketika dimandikan oleh ayahnya, jadi mungkin itu yang membuat ia banyak juga limbah tubuhnya. Tapi, meskipun demikian, anak pertamaku relatif sehat. Terbukti batuk dan flu-nya sudah hilang di pagi hari ketika detoks foot pads-nya dilepas.

Saya sangat merekomendasikan orang-orang untuk menyiasati toksin yang ada di sekitar kita. Ini bukan perkara remeh, loh! Obat kimia sintetis apa pun tidak akan bisa menyembuhkan Anda jika gejala yang Anda hadapi muncul akibat hal-hal di sekitar rumah.

Berikut ini beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memperlancar proses detoksifikasi tubuh:

  1. Minum air putih. Saya rekomendasikan semua punya penyaring air. Syukur-syukur kalau ada rejekinya beli reverse osmosis system (sistem RO). Saya sendiri ingin, tapi belum kesampaian, jadi kami pesan air minum galon dari tempat yang menyaring airnya dengan system RO.
  2. Banyak konsumsi sayur dan buah mentah. Selain kita dapat mengkonsumsi keseluruhan kandungan gizinya, makan sayur dan buah mentah juga dapat berkontribusi pada berkurangnya penggunaan bahan bakar. Terdapat banyak resep raw food, jus, dan smoothies yang beredar, silahkan pilih yang Anda suka.* (baca kisah orang yang menyembuhkan dirinya dari adiksi rokok dan obat-obatan dengan nge-jus)
  3. Minum air jeruk nipis secara rutin, tidak perlu setiap hari, tapi rutin (misalnya 2-3x seminggu).*
  4. Minum air kelapa murni secara rutin, tidak perlu setiap hari, tapi rutin (misalnya 2-3x seminggu).*
  5. Bernafas yang dalam. Banyak orang tidak sadar bahwa mereka tidak bernafas yang cukup. Serius! Padahal seluruh sel dalam tubuh kita membutuhkan oksigen untuk beroperasi. Biasakan secara sadar membiasakan bernafas dalam-dalam, tenangkan diri, pusatkan pikiran pada pemikiran yang baik.
  6. Hentikan pemakaian produk perawatan pribadi dan rumah tangga sintetis. Ya, ini termasuk lotion kulit dan cream malam Anda.

*Semua tips harus dengan bahan alami, bukan yang kemasan, misalnya air jeruk nipis kemasan, air kelapa kemasan, atau jus buah dan sayur kemasan.

Oh ya, kebetulan LRB sedang mengadakan Give Away [update: kegiatan Give Away sudah selesai] dan salah satu hadiahnya adalah satu box berisi 10 buah detoks foot pads! Tersedia untuk 11 pemenang; semoga Anda adalah salah satu di antaranya :).

—————————————————————————————-

Sudah terbit Buku Rumah Bersih Alami yang berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi yang hemat dan ramah lingkungan. Sudah bisa dipesan melalui:

1. bukukita.com

2. agenbuku.com

3. Ya Salim Baking Soda

4. Blog LRB melalui email limbahrumahbersih@yahoo.co.id atau menghubungi 081802223163.

Yuk, segera jadikan buku ini koleksi pribadi Anda!

 

—————————————————————————————-

Jika Anda ingin terus up-date dengan info-info LRB, Anda dapat mengupdate informasi melalui Fb, Twitter, atau email. Berikut caranya; Like halaman Facebook Limbah Rumah Bersih, ikuti blog ini melalui email dengan mendaftarkan alamat email Anda pada kotak sebelah kanan dan dapatkan kabar setiap kali ada berita terbaru, atau follow twitter@lrbersih.

Kami tidak akan menggunakan ketiga platform ini untuk menjual produk kebersihan, ok ;)

—————————————————————————————-

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Jeruk Nipis, Toxin and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to Proses Detoksifikasi

  1. diahdwiarti says:

    mbak, dengar2 utk detox ada jg yg pk air basa. smcm dialiri listrik dulu gt.

    • lrbersih says:

      Oh ya? Baru denger :). Kalau mau air ‘basa’, air campur baking soda juga bisa diminum, loh! Saya pernah coba. Malah ada klinik yang memanfaatkan itu sebagai salah satu terapi kanker :).

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s