Proyek 2014 Limbah Rumah Bersih


Di akhir 2012 lalu saya telah membuat target menerbitkan sebuah buku berisi berbagai tips perawatan rumah dan pribadi dengan bahan-bahan ramah lingkungan. Alhamdulillah target itu tercapai dengan terbitnya buku Rumah Bersih Alami. Meskipun dengan dana yang terbatas, terimakasih kepada seorang sponsor, cetakan pertama tersebut berhasil terbit sebanyak 300 eksemplar.

cover-depan6.jpg

Buku Proyek Pertama Limbah Rumah Bersih

Kini, dengan semakin dekatnya penghujung tahun 2013, saya semakin serius memikirkan proyek berikutnya untuk tahun 2014.

Semenjak awal blog ini dimulai, saya tidak main-main dengan tekad untuk berhenti meracuni dunia. Meskipun masih jauh dari ideal, tapi saya selangkah demi selangkah terus berupaya meningkatkan diri mengurangi racun limbah rumah tangga yang saya hasilkan. Dalam perjalanan setahun ke belakang, saya menemukan banyak pembahasan baru yang perlu diselesaikan—khususnya dari sisi sosial.

Setelah orang mengetahui lebih jauh berbagai bahan alami, ada persoalan lain yang juga perlu diselesaikan; repotnya menggunakan bahan alami karena tidak semudah membeli bahan ke supermarket, aspek sosial dimana seseorang kurang pede untuk melakukan sesuatu yang ‘berbeda’, kritik dari keluarga dan tetangga, dan seterusnya.

Hal-hal seperti ini menurut saya penting untuk dijadikan pembahasan tersendiri, dan pasti pembahasannya tidak cukup dengan selembar dua lembar tulisan, namun membutuhkan bukunya tersendiri. Tulisan mengenai aspek sosial menggunakan bahan alami akan menjadi proyek LRB berikutnya di tahun 2014.

Selama tahun 2014 saya akan semakin meningkatkan diskusi. Selain melalui blog dan sosmed, saya juga akan diskusi pada berbagai event lingkungan maupun roadshow (jika ada).

 ——————————-

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan: Proyek Monumental Tahun 2014

*Walaupun tulisan ini saya ikutkan ke dalam lomba, namun isinya memang benar adanya, ide project ini sudah cukup lama berada dalam pikiran saya. Kebetulan saja saya membaca ada sayembara lomba ide proyek berhadiah (di antaranya) voucher penerbitan buku sebesar Rp 500.000. Jika menang, in shaa Allah bisa membantu mempermudah terbitnya buku tersebut.

Gallery | This entry was posted in Dukungan, Lomba. Bookmark the permalink.

2 Responses to Proyek 2014 Limbah Rumah Bersih

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan : Proyek Monumental Tahun 2014
    Akan saya catat sebagai peserta
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

Bagaimana Menurut Anda?

