Kumpulkan Bungkus Kemasanmu


Sumber gambar: satulingkar.com

Sejak tahun lalu saya senang mengumpulkan bungkus kemasan minuman instan. Awalnya karena adik saya berencana membuat tas dan/atau baju dengan bungkus-bungkus itu. Lalu, karena orang-orang di rumah doyan sekali minum kopi instan, jadi dalam waktu cepat terkumpul banyak bungkusan.

Walaupun proyek adik saya sudah selesai, tapi kebiasaan mengumpulkan bungkusan minuman instan itu masih berlanjut. Setelah penuh di wadah, saya pun memasukkannya ke dalam kresek lalu menyimpannya di tempat sampah luar rumah sambil berharap akan ditemukan oleh pemulung yang mampu mendaur ulangnya.

Kalau bungkus-bungkus itu langsung dibuang tanpa dikumpulkan dulu rasanya hati feeling guilty banget.

Dipikir-pikir, sayang banget kalau bungkus-bungkus itu tidak dimanfaatkan, tapi di sisi lain saya bingung kemana menyerahkannya (sedangkan saya sendiri kurang terampil memanfaatkannya menjadi suatu karya yang bermanfaat).

Saya pun merenung, jangan-jangan banyak orang lain yang punya dilemma seperti saya ini—suka mengumpulkan bungkus kemasan, tapi lalu belum tahu diserahkannya kemana. Atau mungkin ada orang-orang yang dilemanya di ‘sisi lain’—bisa memanfaatkan bungkus kemasan menjadi barang bermanfaat, tapi kurang mendapatkan pasokan bungkus kemasannya?

Nah, di sinilah muncul rencana untuk menghubungkan antara pihak produsen yang mendaur ulang bungkus kemasan dengan para peminum kopi dan/atau ‘penghasil’ bungkus kemasan lainnya (seperti saya, hehe…).

  • Bagi Produsen (bisa industri, home-industri, atau perorangan—untuk ke depannya akan saya sebut ‘produsen’ saja, ya)

Apa kamu bisa dan mau mendaur ulang bungkus kemasan menjadi barang bermanfaat? Yuk, sampaikan alamat dan nomor yang bisa dihubungi (bisa juga alamat/page medsos yang dimiliki) ke Halaman Facebook Limbah Rumah Bersih. Semua alamat yang terkumpul akan (1) dikumpulkan dalam satu halaman di blog LRB ini, dan (2) diposting infonya melalui Halaman Facebook LRB.

Atau kamu punya kenalan yang punya bisnis mendaur ulang bungkus kemasan? Ayo, ajak dia untuk mendaftarkan diri ke LRB!

  • Bagi Semua yang Peduli

Kalau kamu seperti saya, rutin konsumsi suatu produk yang menghasilkan bungkus kemasan (pasti kebanyakan orang punya ya…), dan peduli untuk mengumpulkannya, kamu bisa cek blog LRB dan/atau Fb Page LRB untuk alamat produsen terdekat dimana kamu bisa menyerahkan bungkusan-bungkusan yang telah terkumpul. Untuk masalah harga jual dan sebagainya, atau kah itu mau disumbangkan saja, silahkan langsung dibahas dengan pihak produsen.

LRB sedikit pun tidak akan meminta komisi dari jual-beli bungkus kemasan yang berlangsung :). Pokoknya saya ingin melihat para bungkus-bungkus ini termanfaatkan kembali dengan baik :D.

Oke, mudah kan, ya?

Jangan lupa share juga info ini seluas-luasnya ;).

Salam Limbah Rumah Bersih ^_^!

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Kumpulkan Bungkus Kemasanmu

  1. Menarik nih inisiatifnya, kalo di Semarang ada nggak ya

Bagaimana Menurut Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s